Follow detikFinance
Sabtu 04 Nov 2017, 19:55 WIB

Mau Jadi CPNS Jangan Pakai Calo, Belajar dan Percaya Diri Sendiri

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Mau Jadi CPNS Jangan Pakai Calo, Belajar dan Percaya Diri Sendiri Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Minat masyarakat untuk menjadi PNS sangat tinggi. Tingginya minat masyarakat tersebut membuat segelintir orang memanfaatkan situasi, yakni pura-pura jadi calo CPNS.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman, mengimbau kepada masyarakat untuk tak menggunakan jasa calo yang menjanjikan untuk bisa menjadikan CPNS dengan meminta sejumlah uang.

Sebab, kata Herman, proses penerimaan CPNS sudah menerapkan penerimaan CPNS berbasis online menggunakan komputer atau Computer Assisted Test (CAT). Sehingga sudah tidak ada lagi oknum yang dapat melakukan kecurangan untuk memasukkan orang menjadi CPNS.

"Jadi jangan percaya kepada siapapun yang mengiming-imingi bisa membantu untuk menjadi CPNS dengan meminta sejumlah uang. Jadi itu sama sekali itu bohong, sama sekali tidak benar," terangnya kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (4/11/2017).

Dirinya menegaskan, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjadi abdi negara tersebut hanyalah dengan kemampuan diri sendiri.


"Karena untuk menjadi CPNS harus testing, harus seleksi, dan betul-betul tergantung kemampuan peserta, bukan faktor lain. Jadi siapapun yang ingin menjadi ASN Harus mengikuti seleksi, siapapun itu orangnya, harus mengikuti ketentuan," terangnya.

"Mau anak pejabat atau apapun tidak ada pengaruh siapapun juga. Yang menentukan kelulusan adalah kemampuan peserta. Jadi tidak ada intervensi sama sekali. Untuk menjadi CPNS itu kuncinya kemampuan kompetensi yang bersangkutan," tutupnya.

(ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed