Follow detikFinance
Kamis 09 Nov 2017, 11:11 WIB

Sempat Naik, Harga Beras Medium Turun Jadi Rp 7.875/Kg

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Sempat Naik, Harga Beras Medium Turun Jadi Rp 7.875/Kg Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Pasokan beras medium beberapa waktu lalu sempat melonjak. Kini, harga tersebut telah kembali normal.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya (FSTJ), Arief Prasetyo, mengatakan harga beras medium sempat naik hingga mencapai Rp 9.059/kilogram (kg). Namun kini harga tersebut sudah turun menjadi Rp 7.875/kg.

"Waktu itu naik jadi Rp 9.059/kg dari Rp 8.050/kg. Sekarang sudah turun jadi Rp 7.875/kg," kata Arief kepada detikFinance, Kamis (9/11/2017).


Ia menjelaskan kenaikan harga beras tersebut terjadi selama hampir 2-3 minggu. Untuk mengatasinya, pemerintah melalui FSTJ melakukan operasi pasar.

"Operasi pasar ini diminta oleh Gubernur Djarot waktu itu kepada Menteri Perdagangan untuk mengantisipasi. Operasi ini sudah berjalan sebulan sampai hari ini," sambung Arief.


Selain melakukan operasi pasar, pihaknya juga melakukan tambahan pasokan beras hingga lebih dari 100 kontainer. Pasokan tersebut ia peroleh dari pulau Sulawesi.

"Jakarta juga mengambil beras dari Sulawesi karena harga di Sulawesi sangat baik. Jadi gabah masih ada yang harganya di bawah Rp 5.000 dan yang punya gabah bagus dan harga bagus itu di Sulawesi selatan saat itu. Kita sampai ambil 100 kontainer lebih," terangnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed