Follow detikFinance
Sabtu 11 Nov 2017, 21:36 WIB

Laporan dari Da Nang

Jokowi Ajak Anggota APEC Investasi di Sektor Maritim

Danu Damarjati - detikFinance
Jokowi Ajak Anggota APEC Investasi di Sektor Maritim Foto: Reuters
Da Nang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para negara-negara anggota Asiai Pacific Economic Cooperation (APEC) untuk berinvestasi di bidang kelautan. Soalnya, Asia-Pasifik sendiri punya samudera luas yang potensial.

Jokowi menyampaikan hal ini dalam 'retreat' sesi II Pertemuan ke-25 Pemimpin Ekonomi APEC, sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Sabtu (11/11/2017).

"Laut kita harus menjadi pusat pembangunan ekonomi melalui investasi infrastruktur laut, kegiatan ekonomi berbasis kelautan, integrasi dan pengamanan jaringan transportasi laut, dan pemanfaatan sumber daya kelautan yang berkelanjutan," kata Jokowi pada acara yang digelar di Intercontinental Peninsula Resort, Da Nang, Vietnam.


Maka, segala halangan dalam bisnis kelautan perlu ditanggulangi. Jokowi mendorong pengarusutamaan isi Illegal Unteported and Unregulated (IUU) fishing alias penangkapan ikan secara ilegal. Problem sampah plastik di laut hingga pembangunan sektor perikanan juga perlu dipikirkan.

Jokowi kemudian memaparkan upaya yang telah dia lakukan dalam hal pembangunan sektor kelautan di Indonesia. Ada konsep tol laut yang diimplementasikan. Tujuannya adalah membentuk keterhubungan pelabuhan-pelabuhan sehingga mempercepat kepentingan ekspedisi.


"Dalam tiga tahun terakhir, saya memberi perhatian khusus untuk percepat pembangunan infrastruktur laut guna menghubungkan kepulauan Indonesia termasuk 24 pelabuhan strategis," kata Jokowi.

Bila semuanya terhubung, lanjutnya, maka daerah yang tertinggal akan bisa diakses daerah yang lebih maju. Harga-harga barang bakal menjadi lebih sama antara satu daerah dengan yang lain, karena aliran barang-barang sudah tak lagi kelewat terhambat.

"Segera menurunkan disparitas harga," kata Jokowi.

Jokowi mendorong investasi APEC di bidang infrastruktur dan penguatan Sumber Daya Manusia untuk meningkatkan produktivitas ekonomi kelautan. (dnu/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed