Follow detikFinance
Kamis 23 Nov 2017, 18:40 WIB

Melonjak Tinggi, Ekonomi Singapura Tumbuh 5,2%

Wahyu Daniel - detikFinance
Melonjak Tinggi, Ekonomi Singapura Tumbuh 5,2% Foto: Fitraya Ramadhanny/detikTravel
Singapura - Pertumbuhan ekonomi Singapura tumbuh tinggi di atas perkiraan pada triwulan III-2017. Ini merupakan pertumbuhan ekonomi yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Lonjakan pertumbuhan ekonomi Singapura didorong oleh tingginya permintaan perdagangan global, yang selama ini lesu. Kondisi serupa juga dialami negara-negara di Asia seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, dan Taiwan.

Kementerian Perdagangan Singapura menyatakan, ekonomi negara ini tumbuh 5,2% di periode triwulan III-2017. Melonjak tinggi dari pertumbuhan ekonomi di triwulan II-2017 yang sebesar 2,9%.

Sektor manufaktur menjadi kunci perbaikan ekonomi Singapura. Sektor ini tumbuh 18,4% pada triwulan III-2017, naik dari 8,4% di triwulan sebelumnya.

Hasil ini membuat pemerintah Singapura merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini menjadi 3-3,5% dari proyeksi sebelumnya sebesar 2-3%.

"Sejalan dengan menguatnya kondisi permintaan, kinerja ekonomi Singapura membaik di triwulan tiga," demikian pernyataan Kementerian Perdagangan Singapura, seperti dilansir dari AFP, Kamis (22/11/2017).

Permintaan ekspor juga membaik dari negara-negara seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, China, dan Asia Tenggara. khususnya untuk produk elektronik.

Menurut sejumlah ekonom, kebijakan proteksionisme yang dijalankan AS pimpinan Donald Trump, tidak berdampak banyak terhadap perdagangan di Asia. (wdl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed