Follow detikFinance
Kamis 23 Nov 2017, 20:25 WIB

Jurus Menhub Bereskan Masalah 1.000 Pilot Nganggur

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jurus Menhub Bereskan Masalah 1.000 Pilot Nganggur Foto: Andhika Dwi
Tangerang - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, telah mendapat informasi 1.000 pilot pemula masih menganggur. Budi Karya pun sudah punya jurus untuk mengatasi masalah ini, apa jurusnya?

"Jadi saya memang berusaha mengatur ini. Jadi nanti dari 1.000 pilot akan dites 200-300. Saya didik kembali baru ditawarkan pada airline," ujar Budi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (23/11/2017).

Menurut Budi, masalah pilot pemula nganggur juga tak terlepas dari kualitas sekolah penerbangan.


"Problemnnya gini, sekolah-sekolah terlalu banyak mengeluarkan, dan kualifikasi sekolah tidak maksimal sehingga secara kualitas tidak maksimal. Jadi penerbangna mau memilih juga jarus berpikir, karena itu kita tidak salahkan semua pihak, kita pilih 200-300 terbaik dari 1.000," terang Budi.

"Setelah itu, kita tes ke penerbangan, kalau bagus bisa jalan," lanjut mantan Dirut PT Angkasa Pura II.


Selain itu, jumlah sekolah penerbangan yang ada juga akan dikurangi hingga separuhnya, sehingga nanti tersisa yang benar-benar berkualitas.

"Ke depan saya lagi mengkonsolidasikan sekolah tersebut, kita minta jumlah sekolah bekrurang jadi separuh bisa berbagai cara, sehinngga jumlah pengeluaran bisa diatur," tutup Budi. (ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed