Follow detikFinance
Kamis 23 Nov 2017, 21:40 WIB

Kementan Suntik Rp 100 Juta ke Kelompok Tani di Kulon Progo

Usman Hadi - detikFinance
Kementan Suntik Rp 100 Juta ke Kelompok Tani di Kulon Progo Foto: Usman Hadi/detikcom
Kulon Progo - Kawasan Mandiri Pangan (KMP) Wates, Kulon Progo, berkembang cukup baik setelah mendapatkan suntikan dana dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan. Kemajuan usaha ini dirasakan oleh Kelompok Afinitas Sungut Lele Ngestiharjo, Wates.

"Saya bergabung di KMP ini baru enam bulan. Dana kelompok yang kami terima sebesar Rp 20 juta. Tetapi (dana) itu buat satu kelompok, di kelompok kami ada 15 orang," kata Ketua Kelompok Afinitas Sungut Lele Ngestiharjo, Budi Santoso (44), Kamis (23/11/2017).

Walaupun suntikan dana yang didapat terbatas, Budi mengaku cukup terbantu dengan adanya bantuan modal dari BKP. Mulanya dia hanya memiliki belasan petak pembudidayaan benih lele, setelah dapat suntikan modal jumlah petak miliknya bertambah.

"Kalau usaha afinitas sungut lele ini sudah ada sejak 2011, tetapi waktu itu masih ala kadarnya. Tetapi sekarang sudah ada penambahan penghasilan. Ya pendapatan kotor saya sebulan rata-rata 3 juta, modalnya cuma 30 persen (dari pendapatan kotor)," akunya.

Ketua Forum Komunikasi KMP Wates, Jatmiko menambahkan, ada sepuluh kelompok yang tergabung dalam KMP Wates. Kesepuluh kelompok ini tersebar di empat desa dan satu kelurahan di Wates, salah satunya adalah Kelompok Afinitas Sungut Lele Ngestiharjo.

"Sepuluh kelompok yang tergabung di KMP bergerak di banyak usaha. Seperti pembesaran lele, pembibitan lele, pembesaran ayam boras, olahan pisang, budidaya kacang tanah, pengolahan pangan seperti peyek dan masih banyak yang lainnya," ungkapnya.

Jatmiko menambahkan, KMP Wates sudah berjalan dua tahun lebih. Di tahun 2015 KMP ini terdiri dari lima kelompok dan mendapat suntikan dana Rp 100 juga. Sementara di tahun 2017 bertambah lima kelompok, sehingga total kelompok di KMP ini berjumlah sepuluh.

"Di tahun 2017 ini kami juga mendapatkan suntikan dana Rp 100 juta. Dana itu kami bagi ke lima kelompok baru. Alhamdulillah sekarang unit usaha tiap kelompok di KMP Wates semakin berkembang," jelasnya

Sementara Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi berharap, setiap kelompok di KMP Wates bisa lebih mengembangkan usahanya. Apalagi pihak BKP Kementan sudah menyuntikkan dana cukup besar ke KMP Wates.

"Jangan hasil usahanya digunakan untuk keperluan konsumtif. Harapan kami (keberadaan KMP Wates) bisa memandirikan masyarakat," pungkas dia. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed