Follow detikFinance
Rabu 29 Nov 2017, 14:04 WIB

Aktivitas Politik di 2018 Bakal Bantu Ekonomi Tumbuh Sampai 5,4%

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Aktivitas Politik di 2018 Bakal Bantu Ekonomi Tumbuh Sampai 5,4% Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI bisa mencapai level 6% dalam tiga tahun mendatang.

Pertumbuhan itu didorong oleh gencarnya pemerintah dalam membangun infrastruktur saat ini. Sementara untuk tahun 2018, Darmin memperkirakan pertumbuhan ekonomi berada di level 5,4%.

"Mungkin pertumbuhan 6% itu kita bisa lihat 3 tahun ke depan. Tahun depan (2018) 5,4% barangkali bisa kita capai. Tapi untuk mencapai 6% infrastruktur itu harus selesai dulu," kata Darmin di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta, Rabu (29/11/2017).


Sementara di tahun 2018 mendatang, kata Darmin, Indonesia akan menghadapi tahun politik. Dimana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dilakukan.

Dari Pilkada serentak itu lah dirinya optimis bahwa Indonesia dapat meraih pertumbuhan 5,4% pada tahun politik tersebut. Sebab menurutnya, kegiatan di tahun politik itu bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 0,1%.

"Selalu dampaknya positif 0,1% jadi bertambah pertumbuhannya karena banyak pengeluaran baliho, kaos, dan sebagainya, tapi itu kalau aman. Jadi mudah-mudahan aman, maka kita cukup optimistis tahun depan kita bisa targetkan melalui 5,4%," terangnya.


Dirinya menjelaskan, dari pengalaman Pilkada dan Pilpres di tahun-tahun sebelumnya, memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

"Dampak kalau lihat sejarah dampak pemilihan umum atau Pilkada yang banyak terhadap pertumbuhan ekonomi hasilnya positif. Dengan adanya Pilkada 171 dan belum kejadian sebanyak itu dan jangan-jangan bukan 0,1%, tapi bisa lebih tinggi sehingga harapannya bisa lebih baik dari yang ditargetkan," tuturnya. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed