Follow detikFinance
Kamis 30 Nov 2017, 19:42 WIB

Mentan Jamin Sawah Terendam Banjir Tak Ganggu Stok Beras Nasional

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Mentan Jamin Sawah Terendam Banjir Tak Ganggu Stok Beras Nasional Foto: dikhy sasra
Jakarta - Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir ini membuat sawah di beberapa daerah Pulau Jawa terendam banjir. Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, mendapat laporan sawah di Bojonegoro, Jawa Timur, terendam banjir.

Selain itu, menurut Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Gatot Irianto, menambahkan sawah terendam banjir tersebar juga di wilayah Bantul, Wonogiri, Pacitan dan Trenggalek.

Yang jelas, Mentan menegaskan, banjir tersebut tidak mengganggu stok beras nasional.

"Enggak ada (berpengaruh ke stok beras nasional) baik-baik saja," kata Amran di Kementerian Pertanian, Kamis (30/11/2017).

Senada, Gatot mengatakan banjir yang terjadi tidak berpengaruh ke stok beras nasional. Pasalnya, daerah-daerah tersebut bukan sentra produksi beras.


Saat ini Kementan masih mengumpulkan data-data terkait daerah yang terkena banjir itu. "Itu bukan daerah sentra, tapi kami sedang kumpulkan data terus," sebut Gatot.

Direktur Serealia, Ali Jamil juga mengatakan stok beras aman karena baru saja melewati masa panen.

"Oh itu stok posisinya kita baru panen sekarang dan masih aman stoknya berapa juta. Berarti enggak lah. Paling kalau ada puso tanaman itu posisinya mungkin 2-3 bulan ke depan tergantung daerah yang terpengaruh banjir juga," terangnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed