Follow detikFinance
Selasa 05 Dec 2017, 12:50 WIB

Hemat Rp 8,24 T, Susi: Bisa untuk Bangun Tol Terpanjang ke-2 di RI

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Hemat Rp 8,24 T, Susi: Bisa untuk Bangun Tol Terpanjang ke-2 di RI Foto: Lilly Aprilya Pregiwati/Humas KKP.
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyebut, kementeriannya berhasil melakukan penghematan sebesar Rp 8,24 triliun selama 3 tahun periode anggaran, dari 2015 sampai 2017.

Penghematan ini, kata Susi, punya arti besar, karena anggaran yang berhasil dihemat bisa dialokasikan untuk pembiayaan program pemerintah lainnya yang lebih dibutuhkan masyarakat.

Ia menyebut, salah satu contoh program pemerintah yang bisa dibiayai dari hasil penghematan senilai Rp 8,24 triliun itu adalah pembangunan jalan tol.

"Bisa jadi jalan tol 80 km," kata Susi kepada detikFinance, Selasa (5/12/2017).

Ia menyebut, jalan tol yang dibangun dengan anggaran tersebut bisa jadi jalan tol terpanjang kedua di Indonesia. Ia merujuk pada pembangunan jalan tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116 km yang biayanya sekitar Rp 13 triliun.

"Tol terpanjang se-Indonesia nilai proyeknya Rp 13 triliun. Jadi (dengan anggaran Rp 8,24 triliun) bisa bikin tol terpanjang kedua di Indonesia," sebut Susi.

Penghematan, lanjut Susi, juga bisa mengurangi utang pemerintah. Karena, pembiayaan kegiatan yang seharusnya menggunakan utang baru, bisa ditutup dari hasil penghematan tersebut.

"Atau mengurangi defisit APBN. Mengurangi kebutuhan utang pemerintah," sambung dia. (dna/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed