Follow detikFinance
Kamis 07 Dec 2017, 11:30 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Beras di Cipinang 37.000 Ton

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Beras di Cipinang 37.000 Ton Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Sebanyak 37 ribu ton stok beras tersedia di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC). Menurut Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi, stok tersebut mencukupi jelang Natal dan Tahun Baru.

Arief mengatakan, pihaknya terus menjaga pasokan berada di batas aman.

"Stok PIBC saat ini 37.000 Ton. 80%-nya beras premium," kata Arief saat dihubungi detikFinance, Kamis (8/12/2017).

Menurut Arief stok beras di PIBC harus dijaga pada level 30.000 ton. Angka 30.000 ton itu sudah dipatok sebagai batas aman stok meskipun ada arus keluar dan masuk beras di PIBC.


Selain itu, pihak pengelola Cipinang terus menjaga batas aman stok beras itu tidak berkurang

"Stok tidak boleh kurang dari 30 ribu ton per hari seperti batas aman. Jadi kita maintain di atas 30 ribu," pungkasnya.

"Bayangin gelas isi 37 ribu ton dan di gelas itu ada stok yang masuk dan keluar. Walaupun begitu, gelas itu harus dijaga isinya minimal 30 ribu ton. Mau masuk berapa mau keluar berapa harus 30 ribu ton dijaga," lanjut Arief.

Jumlah pasokan pun juga diterbitkan melalui website resmi PIBC sehingga semua orang bisa mengetahui kondisi beras saat ini.

"Jakarta atau Food Station ini menyiapkan Early Warning System jadi kalau terjadi apa-apa semua orang tahu dan itu di publish di websitenya. Jadi dijaga sama-sama ada di atas batas aman," imbuhnya.


Lebih lanjut, Arief mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan cadangan beras untuk kebutuhan bencana, seperti banjir hingga gagal panen. Jumlahnya mencapai 75.000 ton.

Cadangan tersebut sedang disiapkan dan rencananya akan tersedia pada Maret 2018

"Sekarang kan aman 37 ribu ton. Untuk menjamin pasokan sewaktu disaster, banjir, gagal panen, hama, segala macam. Kita sudah minta sama Gubernur untuk bersurat ke Menteri Perdagangan dan dicadangkan 75 ribu ton sampai dengan Maret," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed