Follow detikFinance
Senin, 11 Des 2017 12:12 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polri Kawal Ketat Distribusi Pangan

Zunita Amalia Putri - detikFinance
Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, menggelar rapat antisipasi lonjakan harga pangan jelang Natal dan Tahun Baru. Dalam pertemuan ini, Kapolri mengatakan, Satgas Pangan Polri di pusat hingga daerah mengawasi ketat jalur distibusi.

Langkah ini diambil karena kerap terjadi macet di jalur distribusi yang ujungnya memicu lonjakan harga bahan pangan.

"Persoalannya adalah distribusi potensi macet. Ini bisa ditekan nanti ada operasi pasar dari Bulog terutama beras nanti kita akan kawal. Kemudian juga ada pengawasan ketat di semua daerah, ada Satgas Pangan Mabes dan Satgas Pangan tingkat daerah," ujar Tito di Mabes Polri, Senin (11/12/2017).

Rakor pangan di Mabes PolriRakor pangan di Mabes Polri Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom

Menurut Tito, Satgas Pangan Polri setiap hari akan memonitor distribusi bahan pangan, dan ketika terjadi kenaikan akan langsung mencari akar masalahnya.

"Apakah di suplai, di distribusi, dan setelah itu dilakukan penyelesaian agar harganya segera diturunkan," terang Tito.


Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, menambahkan, harga beras dan bawang merah stabil tanpa harus mengimpor. Amran Indonesia mengekspor bawang merah dan cabai.

"Yang pertama kita stabil harga tanpa impor beras, yang kedua kita menstabilkan harga tanpa impor bawang merah bahkan kita sudah ekspor ke beberapa negara, yang ketiga kita stabil harga jagung tanpa impor jagung, yang keempat adalah cabai segar ini yang menarik ada 4 komunitas strategis stabil harganya tetapi kita tidak impor bahkan kita sudah ekspor," terang Amran.

Rakor pangan di Mabes PolriRakor pangan di Mabes Polri Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom

Selain itu, stok pangan untuk tahun ini mencukupi, terutama menjelang hari raya Natal dan akhir tahun ini.

"Kami terima kasih pada Kapolri beserta jajarannya yang terpenting adalah tahun ini stok cukup. Yang kedua kami terima kasih pada satgas pangan di mana harga stabil tahun 2017," tutur Amran. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed