Follow detikFinance
Selasa 12 Dec 2017, 18:43 WIB

Darmin: Tahun Politik Jadi Berkah untuk Ekonomi RI

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Darmin: Tahun Politik Jadi Berkah untuk Ekonomi RI Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menko Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan tahun politik di 2018 mendatang bisa menjadi berkah tersendiri. Pilkada serentak di berbagai daerah di Indonesia serta persiapan Pilpres untuk 2019 di tahun mendatang menurut Darmin tidak perlu dikhawatirkan.

"Saya bukan ahli politik, tapi Indonesia partainya banyak, kalau 2-3 partai di daerah bertarung baru khawatir. Kalau di sini bertarung di sana lain-lain (partainya). Tahun depan saya melihatnya menjadi berkah secara ekonomi," ujar Darmin dalam acara Sarasehan 100 Ekonom di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).

Darmin menambahkan, setiap terjadi pesta demokrasi memberikan dampak positif ke ekonomi. Bahkan Pilkada yang hampir terjadi setiap tahun juga mampu berjalan damai tanpa ada konflik berarti.

"Di sini antara kelompok partai ini dan bergabung di sini, lain-lain bergabungnya saja macam-macam. Sehingga tidak merupakan sekutu strategis kemudian membahayakan keamanan. Saya tidak melihat sekutu strategis dalam Pilkada," ujar Darmin.

Dari segi angka, Darmin meyakini Pilkada serentak di tahun depan bisa berkontribusi ke pertumbuhan ekonomi sebesar 0,2-0,3%. Sehingga pertumbuhan ekonomi di tahun depan bisa berada di level 5,4-5,5%.

"Kalau bergabung semuanya dampaknya ke pertumbuhan kira-kira 0,2 sampai 0,3 %. Naturenya pertumbuhan ekonomi di 5,1% dan bisa perbaiki 5,2% sebenarnya pertumbuhan ekonomi 2018 5,4-5,5% kalau ekonominya optimis," tutup Darmin. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed