Follow detikFinance
Rabu, 13 Des 2017 13:31 WIB

Perintah Susi ke Pejabat KKP: Tolak Proyek Titipan dari Siapapun!

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian Kelautan dan Perikanan Foto: Dok. Kementerian Kelautan dan Perikanan
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengingatkan agar setiap pengadaan barang dan jasa atau tender untuk program-program di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) harus bebas dari kecurangan atau unsur korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

"Saya pastikan, pak Irjen juga harus memastikan, semua program pembelanjaan APBN di KKP harus bebas dari KKN, tidak boleh titipan dari siapa-siapa," kata Susi di Kantor Pusat KKP, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Susi pun mengimbau kepada jajarannya agar jangan takut menolak proyek-proyek titipan dari siapapun, terlebih bila barang atau jasa yang ditawarkan tak sesuai dengan yang seharusnya.


"Jangan takut sama bekas menteri, bekas Dirjen, bekas jendral, jangan takut. Independen saja. Kalau produknya jelek ya tidak usah beli," kata Susi tegas.

Walau begitu, dirinya berpesan agar jajarannya bisa berlaku adil dalam setiap pengusaha atau pihak yang ingin mengikuti tender. Hal itu agar proyek-proyek yang dijalankan KKP juga bisa dirasakan oleh pemain tender kecil.

Yang terpenting, kata Susi, tender yang didapat harus sesuai dengan rencana dan mendapatkan hasil yang lebih efisien.

"Kita harus sama-sama untuk memulai ekonomi baru. Dengan tata niaga yang lebih berkeadilan, lebih merata, affirmative policy access (akses kebijakan) diberikan kepada semua pelaku usaha, baik besar maupun kecil. Sistemnya dipermudah supaya yang kecil juga bisa ikutan," tutupnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed