Follow detikFinance
Rabu 20 Dec 2017, 08:20 WIB

Ekonomi Kuartal IV-2017 Bakal Lebih Tinggi dari 5,06%

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ekonomi Kuartal IV-2017 Bakal Lebih Tinggi dari 5,06% Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kementerian Keuangan optimistis pertumbuhan ekonomi nasional kuartal IV 2017 bisa di atas 5,06%.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Suahasil Nazara menjelaskan, perekonomian Indonesia kuartal IV dipastikan lebih tinggi dibandingkan kuartal III 2017. "Ditunggu, yang pasti akan naik dari kuartal III, besarannya akan dilihat kan asumsi di APBN-P nya 5,2%," kata Suahasil di Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa malam (19/12/2017).

Dia mengaku optimis dengan pertumbuhan ekonomi kuartal IV tahun ini. Suahasil menjelaskan, Kemenkeu melihat investasi dan ekspor nasional tumbuh tinggi. "Kami harap berikutnya bisa pengaruh juga ke konsumsi," ujarnya.

Suahasil menjelaskan, kenaikan investasi masih didorong oleh konsumsi dan ekspor. Menurut dia, dengan mulai menggeliatnya investasi, ekspor dan impor naik maka artinya kegiatan ekonomu mulai bergerak.

"Misalnya ada impor bahan baku, artinya mulai produksi. Harusnya ada multiplier efek, mereka hire tenaga kerja lalu bayar upah, nanti jadi income rumah tangga, sebagian jadi konsumsi dan tabungan. Kami yakin ini mulai terjadi, kami dorong terus," ujarnya.

Diketahui, dalam APBN-P tahun anggaran 2017 pemerintah dan DPR sepakat menetapkan pertumbuhan ekonomi di level 5,2%. Mengenai proyeksi pertumbuhan sampai akhir tahun ini sebesar 5,17% juga pernah diungkapkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati pada saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR.

Menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, untuk mencapai pertumbuhan tersebut pemerintah akan tetap menjaga momentum ekonomi nasional.

"Kita jaga saja momentumnya seluruh tahun ini, komposisi di kuartal I dan II kan masih 5%, nanti di kuartal III dan IV mengharapkan mulai meningkat, itu terefleksikan ke penerimaan pajaknya," jelas dia.

(mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed