Follow detikFinance
Kamis, 21 Des 2017 15:40 WIB

Perusahaan Senilai Rp 5.500 Triliun Ini Lahir di Apartemen Kecil

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: CNBC Foto: CNBC
Jakarta - Raksasa teknologi Alibaba kini jadi perusahaan besar di China. Alibaba juga yang menjadikan Jack Ma salah satu orang terkaya di dunia.

Namun siapa sangka, Alibaba yang nilai pasarnya mencapai Rp 5.500 triliun ini, dulu mulai dikembangkan di sebuah apartemen kecil di Hangzhou, China.

Dilansir CNBC, Jack Ma dulu tinggal bersama istrinya di apartemen kecil di tahun 1999. Di sana, ide Alibaba muncul. Jack Ma bersama teman-temannya sering berkumpul, berdiskusi soal mengembangkan sebuah perusahaan besar.

Sama halnya dengan Hewlett-Packard, Apple, dan Google yang memulai usahanya dari sebuah garasi kecil di rumah, Alibaba juga lahir bukan dari sebuah gedung pencakar langit, atau bangunan dengan fasilitas teknologi yang canggih. Tapi hanya dari sebuah apartemen.

Kini, apartemen di Hangzhou itu layaknya sebuah situs bersejarah. Banyak orang yang ingin datang ke tempat ini karena penasaran dengan sejarah Alibaba.

Bertahun-tahun lalu, Jack Ma memutuskan bahwa dia akan mengirimkan programer terbaiknya, desainer web, dan product manager kembali ke apartemen di mana semua dimulai. Harapannya, untuk menumbuhkan semangat dan menginspirasi untuk membuat produk Alibaba berikutnya. Terbukti, beberapa produk Alibaba diluncurkan dari apartemen seperti Alipay, TMall, jjuga Taobao.


Jika dibanding dengan kantor Alibaba sekarang yang lebih sering dibilang kampus Alibaba, apartemen ini belum ada apa-apanya. Jelas saja, ini hanya sebuah apartemen 6 kamar sedangkan kampus Alibaba diisi bangunan-bangunan besar.

Tapi, sejumlah pekerja Alibaba mengaku lebih senang bekerja di apartemen, meski di kampus Alibaba fasilitasnya lebih lengkap.

Di apartemen ini juga ada foto Jack Ma saat muda bersama rekan-rekannya saat pertama kali mengembangkan Alibaba. Ada juga tulisan tangan dia yang dibuat 13 Maret 2015 yang bertuliskan 'Inti dari perusahaan adalah untuk tumbuh dan tumbuh'.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed