Follow detikFinance
Rabu 27 Dec 2017, 20:07 WIB

Filipina Pesan 3 Kereta INKA Rp 300 Miliar Tahun Depan

Fadhly F Rachman - detikFinance
Filipina Pesan 3 Kereta INKA Rp 300 Miliar Tahun Depan Foto: istimewa
Jakarta - PT INKA (Persero) akan melakukan penandatanganan kerja sama dalam menyediakan jenis kereta rel diesel atau diesel multiple unit (DMU). INKA akan mengekspor kereta buatannya ke Filipina.

Pelaksana Tugas Direktur Utama INKA, Mohamad Nur Sodiq, mengungkapkan penandatanganan itu akan dilakukan pada awal tahun 2018 mendatang.

"Nanti kado tahun baru akan ada penandatanganan kontrak dengan Filipina untuk ekspor kereta rel diesel. Bila tidak ada halangan minggu kedua Januari 2018," kata Sodiq, di Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Sodiq menjelaskan, Filipina bakal memesan tiga trainset kereta buatan INKA dengan nilai kontrak sekitar Rp 300 miliar. Di awal Januari 2018, diharapkan kontrak bisa dilakukan.

"Filipina awal tahun mudah-mudahan kita akan signing untuk DMU. Nilai kontraknya yang sudah disepakati sekitar Rp 300 miliar. Untuk 3 trainset DMU dengan satu trainsetnya ada 6 (gerbong). Kita harapkan signing awal tahun depan," jelasnya.

Selain Filipina, Sodiq mengatakan pihaknya juga telah menjajaki pasar-pasar asing lainnya. Mulai dari Bangladesh hingga pasar Afrika. Sodiq menargetkan, INKA bisa menguasai pasar Asia Tenggara hingga negara-negara lainnya pada tahun 2020 mendatang.

"Segmentasi kami, target sampai 2020, kami bisa kuasai pasar Asia Tenggara dan negara-negara Asia lain. Misalnya, Bangladesh itu sudah. Sri Lanka itu kami sudah mulai masuk. Kami ikut tender sebagai penawar terendah, tapi karena China kompetitor kami rasanya tidak rela kami yang menang makanya belum diumumkan. Lalu, nanti juga ke pasar Afrika. Nanti akan ada ekspor lokomotif ke Zambia," katanya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed