Follow detikFinance
Minggu 31 Dec 2017, 14:27 WIB

Gaya Rini Saat Pantau Kapal Angkut Milik ASDP di Lombok

Hendra Kusuma - detikFinance
Gaya Rini Saat Pantau Kapal Angkut Milik ASDP di Lombok Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Lombok - Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT ASDP Indonesia Fery harus terus meningkatkan pelayanan dalam hal ini transportasi angkutan penyeberangan antar pulau yang berada 206 lintasan di Indonesia, apalagi pada saat hari besar dan liburan.

Menteri BUMN Rini Soemarno kali ini melakukan pengecekan langsung layanan angkutan kapal penumpang milik ASDP yang beroperasi di Pelabuhan Kayangan Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa.

Rini didampingi oleh Direktur Utama Bank BNI Achmad Baiquni, Direktur Utama Bank BTN Maryono, Direktur ASDP Ira Puspadewi, dan Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo.

Rombongan berangkat pada pukul 04:30 WITA yang dikawal dengan mobil patroli langsung dari hotel menuju Pelabuhan Kayangan. Jarak tempuh yang normalnya selama satu setengah jam berhasil dilalui hanya dengan satu jam.

Mobil berpelat nomor RI 45 ini pun langsung masuk ke lokasi parkir KMP Raja Enggano atau kapal angkutan penumpang milik ASDP. Tidak perlu menunggu lama, Rini beserta rombongan langsung naik ke bagian tengah kapal yang merupakan ruangan duduk para penumpang.

Pada saat itu, penumpang yang diangkut oleh ASDP pun tidak banyak, selain dari rombongan, hanya sekitar 20-an orang masyarakat biasa. Menurut Rini, layanan yang diberikan oleh BUMN tidak perlu menunggu banyak terlebih dahulu sehingga berapapun muatan kapal tetap jalan.

"Saya ingin cek fery, layanan yang diberikan, saya sering melakukan pengecekan dan sekarang ingin yang lebih jauh," kata Rini di Lombok, Minggu (31/12/2017).

Tidak hanya bagian tempat duduk masyarakat, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini juga meninjau beberapa sudut KMP Raja Enggano. Mulai dari ruang nakhoda, hingga ruang haluan kapal.

"Sekarang saya aktif melakukan pengecekan untuk angkutan penyeberangan, melihat apa yang perlu ditingkatkan, apalagi Lombok ini sudah mulai banyak menarik asing untuk liburan, dan agar tidak lari ke Bali terus," tambah dia.

Selama masa peninjauan, Rini juga menyempatkan diri untuk ke sisi KMP Raja Enggano untuk melihat suasana Lombok di pagi hari. Di mana sisi belakang disajikan pemandangan Gunung Rinjani, dan sisi depan Pulau Kenawa.

Dia meminta kepada Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi untuk terus meningkatkan kebersihan baik di kapal maupun wilayah pelabuhan, serta memperbaiki infrastruktur pelabuhan, terutama area jalan untuk keluar masuk mobil dari kapal.

Lanjut Rini, kebersihan masih menjadi titik kelemahan bagi BUMN terutama yang memberikan layanan ke masyarakat.

"Kalau saya perhatikan, selalu di pelabuhan tentu kebersihan, kelemahan kita menjaga lingkungan, dan juga fasilitas dermaga, yang ke depan akan diperbaiki, sudah tua sehingga masyarakat akan lebih nyaman, program pelayanan publik ini lebih baik dan masyarakat bisa nyaman. Ini kan enggak ada pilihan lagi, jadi harus meningkatkan layanan, kalau dulu kan asal ada saja, kalau sekarang tidak bisa," jelas dia.

Perjalanan dari Pelabuhan Kayangan ke Pelabuhan Poto Tano dilalui selama satu setengah jam. Rini pun kembali melakukan pengecekan, kali ini kepada ruang tunggu bagi masyarakat yang ingin melakukan penyeberangan.

Tidak lupa juga seluruh pegawai ASDP yang bertugas di KMP Raja Enggano diminta untuk melakukan foto bersama. Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) untuk berdialog dengan para mahasiswa.

"Nanti jalannya dibereskan yah, fasilitas diperbaiki, nanti saya keliling, pokoknya 2018 ini saya terapkan management ronda," tukas dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed