Follow detikFinance
Kamis, 04 Jan 2018 12:58 WIB

Terima Hasil Kajian Pindah Ibu Kota, Ini Perintah Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dhani Irawan/detikcom Foto: Dhani Irawan/detikcom
Jakarta - Hasil kajian awal mengenai pemindahan ibu kota telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lantas, apa arahan selanjutnya dari Jokowi?

"(Arahan presiden) mau dibahas lebih dalam, gitu aja, nanti biar bapak presiden yang memutuskan, kita tugasnya menyiapkan kajian," kata Bambang usai acara Komunikasi Publik tentang Rancangan Peraturan Tata Cara Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah di Bappenas, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Bambang menyebutkan, tahap kajian yang akan dilakukan oleh Bappenas lebih kepada detil, mulai dari kondisi lahan, hingga tingkat risiko bencana.


"Makanya nanti itu bapak presiden yang memutuskan apa yang dilakukan berikutnya, kalau kami tetap melakukan kajian mulai lebih detail termasuk bagaimana kondisi tanah, bagaimana akses untuk pembangunannya dan segala macam," terang Bambang.

Isi dari kajian awal yang telah disampaikan ke Jokowi ini lebih terkait data teknis masing-masing daerah kandidat, seperti kelebihan dan kekurangan, ketersedian lahan yang dimiliki pemerintah, dan ketersediaan infrastruktur.

Bambang juga menjelaskan, kandidat daerah yang akan menjadi ibu kota baru ini berada di luar Jawa. Hanya saja, dirinya masih enggan menyebutkan nama wilayah yang sudah tertera dalam kajian awal.


Mengenai anggaran pemindahan ibu kota sendiri, Bambang menuturkan lebih dari Rp 1 triliun dan pemerintah tetap membuka pintu selebar-lebarnya untuk mengajak swasta dalam merealisasikannya.

"Pasti, kita dalam diskusi penyiapan kajian kita juga sudah berinteraksi dengan pengusaha untuk melihat sejauh mana minat mereka jika dilibatkan kerja sama pemerintah swasta," terang Bambang. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed