Follow detikFinance
Senin, 08 Jan 2018 14:46 WIB

Harga Cabai Naik, Satgas Pangan: Karena Hujan, Panen Kurang Bagus

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance
Jakarta - Harga cabai naik di awal 2018. Contohnya di Pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, harga cabai rawit merah melonjak hingga Rp 65.000/kg, pekan lalu.

Menanggapi hal ini, Ketua Satgas Pangan Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan harga cabai rawit merah melonjak. Misalnya karena adanya kendala dari sistem produksi karena musim hujan.

Kemudian, masalah lainnya terjadi pada sistem distribusi. Sehingga, kata Setyo, pasokan cabai terlambat.

"Memang ada yang terganggu karena hujan jadi panennya kurang bagus. Kemudian kemarin terganggu karena transportasi jadi terlambat sampai di Pasar Induk," ucap Setyo saat berbincang dengan detikFinance, Senin (8/1/2018).


Ia memaparkan, masalah pada jalur distribusi terjadi jelang Natal dan tahun baru. Di mana ada beberapa truk yang tidak diizinkan beroperasi sehingga pasokan terkena hujan dan rusak.

"Ya memang kemarin menjelang Natal dan tahun baru ada truk-truk yang nggak boleh lewat. Jadi terganggu dan hujan mengganggu juga banyak yang rusak," imbuhnya.


Lantas, terkait masalah lain seperti permainan harga oleh pedagang pihaknya mengatakan belum menerima laporan tersebut. Nanti, pihaknya juga akan mengecek terkait hal tersebut.

"Tapi nanti kita akan cek lagi karena selama ini belum ada laporan oleh pedagang. Satgas pangan akan terus mengawasi karena selama ini belum ada laporan oleh pedagang," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed