Follow detikFinance
Senin 08 Jan 2018, 19:33 WIB

Sri Mulyani di Depan Pengusaha: Ekonomi RI Tumbuh 5,05% di 2017

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sri Mulyani di Depan Pengusaha: Ekonomi RI Tumbuh 5,05% di 2017 Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Jakarta - Kementerian Keuangan RI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan di 2017 bisa mencapai 5,05%. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menjelaskan pertumbuhan ekonomi tersebut diiringi dengan tingkat inflasi yang terjaga.

"Kami proyeksikan pertumbuhan kuartal IV 2017 5,7% dan secara keseluruhan 2017 menjadi 5,05%," kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (8/1/2018).

Sri Mulyani menyebutkan tahun depan diharapkan momen pertumbuhan ekonomi terus terjaga agar target bisa tercapai.

Dia menjelaskan, beberapa event internasional akan mendorong konsumsi. Antara lain Asian Games Jakarta Palembang, pertemuan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Bali.

"Kemudian juga ada lebaran dan Pilkada serentak pada semester II tahun ini. Kalau anda perhatikan, hiruk pikuk event internasional itu diharapkan bisa meningkatkan konsumsi dan investasi," ujarnya.

Dia menjelaskan pemulihan kinerja ekspor dan impor terus berlanjut. Hal ini karena membaiknya perekonomian negara mitra dagang utama didukung perbaikan kapasitas produksi dan sistem logistik nasional.

Kemenkeu mengungkapkan untuk menjaga daya beli dan permintaan domestik untuk mendukung aktivitas usaha. Seperti peningkatan event belanja di kota-kota besar, industri kreatif dan festival di daerah wisata serta peningkatan kegiatan sosial.

"kemudian mendorong peran swasta dalam investasi. Seperti penguatan dan pendalaman pasar keuangan dalam negeri, antara lain melalui pengayaan alternatif sumber dan model pendanaan investasi, khususnya sektor keuangan," imbuh dia.

Kemudian, penciptaan iklim investasi yang baik melalui stabilitas politik menjelang tahun pemilu.

Selain itu meningkatkan jumlah wisatawan luar negeri melalui kerja sama dengan kota atau negara asal wisatawan utama dengan memperbanyak jadwal penerbangan langsung dan mendorong perkembangan industri kreatif nasional. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed