Follow detikFinance
Kamis 11 Jan 2018, 17:26 WIB

Pemda DIY Butuh 1.700 CPNS di 2018

Edzan Raharjo - detikFinance
Pemda DIY Butuh 1.700 CPNS di 2018 Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyampaikan kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru. Pemda DIY membutuhkan sebanyak 1.700 formasi CPNS untuk tahun 2018 ini.

Sekda DIY, Gatot Saptadi mengatakan CPNS tersebut akan ditempatkan di seluruh instansi pemerintah di wilayah DIY. CPNS tersebut untuk mengisi kekosongan yang selama ini terjadi. Karena adanya moratorium sejak beberapa tahun lalu DIY tidak mengangkat CPNS baru sehingga banyak terjadi kekosongan.

"Itu sesuai kebutuhan. Karena kekosongan karena ada yang pensiun, pindah dan meninggal," kata Gatot Saptadi di kantor Gubernur DIY, Kamis (11/1/2018).


Jumlah tersebut telah diusulkan ke pemerintah pusat sejak 2017 lalu. Jumlah tersebut merupakan kebutuhan ideal yang dibutuhkan di DIY seperti untuk Guru, kesehatan dan tenaga lapangan. Tetapi belum diketahui berapa yang akan dikabulkan oleh pemerintah pusat dari usulan tersebut.

"Yang jelas kebutuhan yang paling banyak di pendidikan, kesehatan kemudian masalah teknis lapangan," kata Gatot.


DIY juga telah mengusulkan ke pusat untuk kebutuhan hingga 10 tahun ke depan. Hal ini perlu sebagai perencanaan pemenuhan SDM Pemda DIY. Karena selama rentang waktu tersebut banyak PNS yang pensiun dan lain sebagainya sehingga harus ada yang mengisi. Tetapi untuk tahap awal ini mengusulkan 1.700 dulu.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Agus Supriyanto mengatakan sudah ada 2.400 PNS yang pensiun sejak terakhir penerimaan pegawai tahun 2014 silam. Setiap tahun ada 800 PNS yang pensiun. Untuk mengisi kekurangan selama ini memaksimalkan pegawai yang ada.

"1.700 yang kita usulkan itu benar-benar dibutuhkan,"katanya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed