Follow detikFinance
Jumat 12 Jan 2018, 11:14 WIB

RI Impor Beras, Kementan: Segala Aspek Sudah Dipertimbangkan

Puti Aini Yasmin - detikFinance
RI Impor Beras, Kementan: Segala Aspek Sudah Dipertimbangkan Foto: Grandyos Zafna.
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memutuskan untuk melakukan impor beras sebanyak 500.000 ton. Hal ini sudah melalui pertimbangan

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan bahwa keputusan pemerintah untuk melakukan impor adalah kebijakan pemerintah. Keputusan tersebut pun telah dikoordinasi terlebih dahulu.


"Itu kan kebijakan pemerintah. Pasti adalah (koordinasi terlebih dahulu). Jadi gini yang saya pahami namanya kebijakan adalah kebijakan pemerintah. Pasti kebijakan pemerintah sudah dibicarakan," kata Agung di Toko Tani Indonesia, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Lebih lanjut, Agung menjelaskan keputusan mengimpor tidak serta merta dilakukan tanpa pertimbangan. Dia yakin, pihak terkait dalam hal ini Kemendag dan Kementan sudah melakukan pertimbangan yang matang.

"Secara detail saya nggak mengikuti tapi Pak Menteri dan Pak Mendag. Tapi sepengetahuan saya ini kebijakan komprehensif artinya segala aspek sudah dipertimbangkan. Kemudian sudah menjadi keputusan bersama kalau nggak kan nggak akan diumumkan," imbuhnya.


Selain itu menjelaskan kebijakan impor beras dilakukan karena kurangnya pasokan beras medium. Sehingga impor menjadi langkah untuk memenuhi pasokan beras medium tersebut.

Pasalnya ia menilai kosongnya beras medium dikarenakan kondisi panen yang menghasilkan gabah yang baik dan cenderung diolah menjadi beras premium.

"Ini kan yang langka beras medium oleh karena itu ada kebijakan yang tentu ini kebijakan pemerintah untuk memenuhi beras medium yang ada di pasar. Kenapa beras medium langka? Ini kan panen gaduh panen gaduh itu umumnya gabah itu bagus kalo gabah bagus tentunya para penggiling maunya bikin premium dong kalo bisa premium kenapa medium,"pungkasnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed