Follow detikFinance
Jumat, 12 Jan 2018 16:02 WIB

Susi Tenggelamkan Kapal, JK: Semua Dukung Tapi Cukup 3 Tahun

Indra Komara - detikFinance
Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikcom Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikcom
Jakarta - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan semua pihak mendukung Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Namun, aksi tersebut cukup dilakukan selama 3 tahun saja.

Hal itu diungkapkan oleh JK saat ditemui acara Pengukuhan Pengurus Dewan Masjid Indonesia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

"Semua kita mendukung awalnya, tapi semua dianggap 3 tahun cukup," tutur JK.


JK juga mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun punya maksud yang sama. Begitu juga dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini ingin Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti agar lebih fokus meningkatkan ekspor.

"Beliau (Jokowi) bicara dengan gaya Pak Jokowi, Pak Luhut dengan gayanya orang Batak Langsung. Dengar kata-katanya pak Jokowi, bahwa penenggelaman itu memang dibtuhkan tapi sekarang yang harus difokuskan ialah ekspor artinya sudah cukup penenggelaman sama aja sebenarnya ngomongnya, cuma gayanya saja yang beda," tegas JK.


Seperti diketahui, Jokowi beberapa hari lalu mengatakan, penenggelaman kapal itu untuk memberi efek jera.

"Jadi penenggelaman itu adalah bentuk penegakkan hukum yang kita tunjukkan bahwa kita tidak main-main terhadap illegal fishing, terhadap pencurian ikan," tutur Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi menginginkan Susi untuk konsentrasi ke industri pengolahan ikan dan juga ekspor.


"Tetapi saya sampaikan kepada Bu Susi. Bu, dalam rapat, sekarang konsentrasinya agar ke industri pengolahan ikan terutama yang mendorong untuk ekspor, ikan untuk ekspor karena ekspornya kita turun, Itu saja," tuturnya.

(zul/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed