Follow detikFinance
Jumat, 12 Jan 2018 18:26 WIB

Usai Ketemu Jokowi, Mendag Jelaskan Soal Impor Beras

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Foto: Bagus Prihantoro Nugroh Foto: Bagus Prihantoro Nugroh
Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sore ini menyambangi Istana Presiden untuk menghadap Presiden Jokowi. Pertemuan berlangsung cukup singkat. Enggartiasto tiba di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, sekitar pukul 17.00 WIB, Jumat (12/1/2018). Sekitar pukul 17.15 WIB, dia keluar dan bergegas menuju mobil berpelat RI 33.

Namun, dirinya mengaku tidak membicarakan soal rencana impor beras jenis khusus yang baru saja diumumkan.


Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan baru saja mengumumkan bahwa pemerintah akan melakukan impor beras khusus sebanyak 500.000 ton. Di mana impor akan dilakukan oleh Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

"Enggak (laporan). Karena beliau tidak menanyakan itu, saya tidak perlu, ya buat apa? Saya jalani saja," kata Enggar di Komplek Istana, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Menurut dia, impor beras yang akan dilakukan ini merupakan keputusan dan/atau tindakan yang ditetapkan dan/atau dilakukan oleh pejabat pemerintahan untuk mengatasi persoalan konkret yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan (diskresi).

"Itu diskresi saya," ucapnya.


Dia menyebutkan, rencana impor beras khusus sebanyak 500.000 ton ini akan masuk ke Indonesia pada akhir Januari. Beras yang diimpor berasal dari Vietnam dan Thailand.

Adapun, jenis beras khusus ini tidak ditanam di Indonesia dan biasanya untuk konsumsi hotel, restoran, dan ketering.

"500 ribu ton. Akhir bulan ini masuk, dari Vietnam, Thailand," tukas dia.

Enggar sendiri mengatakan, bertemu Presiden Jokowi untuk melaporkan mengenai pertemuan Menteri ASEAN di Singapura beberapa waktu lalu.

"Saya kan kemarin ada Minister Meeting ASEAN satu hari di Singapura," kata Mendag sebelum masuk mobilnya.

Pertemuan itu membahas investasi dan perdagangan. Menurut Enggar, tema ini sesuai dengan sidang kabinet paripurna yang dipimpin Jokowi pada pekan lalu.

"Menteri ASEAN kumpul dan persiapan untuk India," ucapnya. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed