Follow detikFinance
Senin 15 Jan 2018, 19:09 WIB

Jajaki Kerja Sama, Jokowi akan Roadshow ke India Hingga Sri Lanka

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jajaki Kerja Sama, Jokowi akan Roadshow ke India Hingga Sri Lanka Foto: Danu Damarjati/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan berkunjung ke beberapa negara di kawasan Asia Selatan. Ada empat negara yang rencananya akan dikunjungi Jokowi, antara lain Sri Lanka, India, Pakistan dan Bangladesh.

Rencana kunjungan Jokowi itu pun dibahas dalam rapat koordinasi di kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. Hadir dalam rapat itu beberapa Menteri Kabinet Kerja, salah satunya Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Dalam rapat tersebut, Retno mengatakan setiap kementerian memberikan masukan tentang apa-apa saja yang akan menjadi fokus yang nantinya akan dibawa dalam kunjungan kenegaraan tersebut.

"Negara ini kan yang opportunity mengembangkan kerja sama termasuk kerja sama perdagangan, investasi dan kerja sama ekonomi cukup besar sekali," kata Retno usai mengikuti rapat di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, ada banyak potensi perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara yang akan dikunjungi itu nantinya. Salah satu contohnya ialah soal ekspor kereta yang diproduksi oleh PT INKA ke negara seperti Bangladesh.

Dari situ, kata Retno, pemerintah juga bisa mengembangkan kerja sama yang baru terhadap negara-negara tersebut.

"Perdagangan kita ke negara tersebut cukup besar, dengan India, Bangladesh, dengan Pakistan jumlahnya cukup besar. Potensinya banyak sekali dan ada beberapa potensi kerja sama baru misalkan Bangladesh PT INKA kan membuat gerbong. Tapi detailnya menjelang presiden akan berangkat karena persiapan yang sedang kita lakukan, saya tidak akan bicara banyak dulu," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, mengungkapkan ada beberapa hal yang akan ditindaklanjuti di sektor energi dalam kunjungan kenegaraan nanti. Salah satunya ialah rencana kerja sama jual beli gas alam cair atau liquified natural gas (LNG) antara PT Pertamina (Persero) dengan pembeli di Pakistan dan Bangladesh.

"Di sektor energi ada kemungkinan Pertamina akan menjual LNG ke Pakistan dan Bangladesh. Nilai kontraknya di Bangladesh US$ 6 miliar selama 10 tahun.

Selain itu, Arcandra juga mengatakan di India akan meneruskan kerja sama dalam sektor batu bara. Pertemuan bilateral esok juga akan membahas hal tersebut dan akan meningkatkan produksi batubara Indonesia ke India.

"India kita ekspor batu bara. Pasar batubara kita banyak kesana, di 2017 nomer 2 di Indonesia. India mungkin kan besok ada Indian Asian Forum, di bidang energi kita fokus di sektor batu bara kita di India. Pertamina LNG di Pakistan dan Bangladesh," kata Arcandra. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed