Follow detikFinance
Selasa, 16 Jan 2018 18:06 WIB

Kemendag Bakal Atur Harga Daging Ayam Jadi Rp 33.000/Kg

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Harga daging ayam melonjak tinggi. Misalnya saja di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan daging ayam dipatok Rp 40.000/ekor.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahja Widayanti mengatakan bahwa saat ini pihaknya akan melakukan penanganan lebih lanjut. Penanganan ini pun akan dibahas langsung dengan peternak ayam.

"Ya gini kita sekarang lagi bahas ayam katanya lagi ada penyakit tapi saya akan cek masalah itu dan akan membahas dengan peternak," kata Tjahja ketika dihubungi detikFinance, Selasa (16/1/2018).


Lebih lanjut, untuk mengontrol kenaikan harga harga daging tersebut pihaknya berencana meminta kepada integrator di beberapa daerah untuk mengendalikan sesuai harga acuan.

Lantas, Ia memberi contoh pengendalian harga daging ayam di daerah Cianjur, Jawa Barat yang telah dikoordinasikan langsung oleh kepala daerahnya.


"Di Cianjur ada yang tanya harga ayam tapi saya sudah minta integrator untuk jaga dulu jangan sampai harga naik. Tadi Bupati Cianjur turun tangan (untuk mengendalikan harga). Nanti harga daging ayam di atas harga acuan Rp 1.000 jadi Rp 33.000/kg," sambung dia.

Selain itu, kata Tjahja, pengendalian sesuai harga acuan tersebut harus berlaku di seluruh Indonesia. Pasalnya hal tersebut merupakan kebijakan pemerintah. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed