Follow detikFinance
Senin 22 Jan 2018, 18:35 WIB

Di Acara Kemenpan RB, Sri Mulyani Beri Pesan untuk CPNS

Danang Sugianto - detikFinance
Di Acara Kemenpan RB, Sri Mulyani Beri Pesan untuk CPNS Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Sepanjang 2017 kemarin, tercatat ada 2.433.656 orang pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS). Padahal jumlah formasi yang dibuka hanya 37.108 formasi, sementara yang sudah diterima sebanyak 33.156 orang.

Merespons hal itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memandang, PNS yang baru diterima merupakan sosok yang spesial, sebab mampu bersaing dengan begitu banyak orang.

"Dari 2 juta pelamar yang diterima hanya 37 ribu, itu asumsinya kita sudah dapat top of the top," tuturnya dalam acara Refleksi 2017 & Resolusi 2018 di Kementerian PAN-RB, Jakarta, Senin (22/1/2018).

Namun Sri Mulyani mengingatkan, agar para PNS baru tersebut benar-benar dididik sebaik mungkin. Kembangkan potensi yang ada, jangan sampai intelektualnya turun ketika sudah masuk bekerja.

"Jangan sampai sudah masuk 6 bulan jadi bodoh. Saya sudah katakan ke tim kami (Kementerian Keuangan). Tugas kita bagaimana yang sudah kita dapat makin baik, dia berkembang di organisasinya," tuturnya.

Dia juga menyindir para PNS setingkat manajer yang biasanya mencontohkan sikap yang buruk ke bawahnya. Sri Mulyani ingin agar para PNS setingkat manajer mau mengakui kesalahan jika benar melakukan kesalahan.

"Jangan sampai sikap manajernya maunya hanya dilayani saja. Juga tidak mau dinilai bahwa dia salah. Ini takut menular sikap jeleknya," tandasnya.

Sri Mulyani juga mengusulkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) agar melakukan restrukturisasi jumlah karyawan di kementerian dan lembaga sesuai dengan tingkat kebutuhan dan fungsinya.

"Kalau hanya butuh 4 eselon 1 ya 4 saja enggak perlu 9 orang. Kalau eselon 1 butuh 15 orang ya harus 15 orang, itu really base on job. Menurut kami struktur pemerintahan harus fleksibel berdasarkan kebutuhan," tandasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed