Follow detikFinance
Kamis 01 Feb 2018, 14:03 WIB

Jokowi Siapkan Rp 2,7 Triliun Genjot Produksi Rempah-rempah RI

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Jokowi Siapkan Rp 2,7 Triliun Genjot Produksi Rempah-rempah RI Foto: Grandyos Zafna.
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk mengalokasikan dana sebanyak Rp 2,7 triliun. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

Ia mengatakan bahwa pada dasarnya di tahun 1602 Indonesia memiliki bahan rempah-rempah yang berlimpah. Amran pun berkeinginan mengembalikan kondisi tersebut.

Hal tersebut akan ia wujudkan sesuai dengan permintaan Jokowi dengan menganggarkan dana sebesar Rp 2,7 triliun.


"Pak Mendag kami ingin mengembalikan mimpi besar Indonesia tahun 1602 itu Indonesia kayanya rempah-rempah, pala, kopi, cengkeh. Dulu Spanyol datang, Belanda, Eropa datang karena rempah-rempah," ucapnya di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

"Kami sudah siapkan bibit-bibit unggul dengan anggaran itu diminta Bapak Presiden Rp 2,7 triliun. Kita akan kembalikan kejayaan Indonesia," sambungnya.

Lebih lanjut, langkah ini juga diakui Amran untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia dalam jangka panjang. Sebab komoditas pala, cengkeh dinilai dapat meningkatkan ekspor.

"Ke depan, jangka panjang, ini Perintah Bapak Presiden itu mengembalikan kejayaan rempah-rempah. Karena ini komoditas ekspor, selain sawit, kopi. Ini pala, cengkeh, kita dorong," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed