Follow detikFinance
Jumat 02 Feb 2018, 17:03 WIB

Cetak Rekor, Omzet Induk Google Tembus Rp 1.350 Triliun

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Cetak Rekor, Omzet Induk Google Tembus Rp 1.350 Triliun Foto: Getty Images
Jakarta - Alphabet, induk usaha Google melaporkan penjualan tahunannya mencapai US$ 100 miliar atau Rp 1.350 triliun (kurs Rp 13.500) untuk pertama kali dalam 20 tahun sejarah Google.

Demikian dikutip detikFinance dari CNN, Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Perusahaan tersebut membukukan penjualan sebesar US$ 32,3 miliar pada kuartal IV-2017, sehingga mendorong total pendapatan tahunannya menjadi US$ 110 miliar atau naik US$ 90 miliar dari 2016.

Namun, ada kerugian yang harus ditanggung perusahaan sebesar US$ 9,9 miliar karena tagihan pajak.

Saham Alphabet anjlok 5% setelah dirilisnya laporan pendapatan perusahaan. Perusahaan tersebut juga mengumumkan bahwa John Hennessy, anggota dewan lama, akan mengambil alih jabatan sebagai Direktur Alfabet. Hennessy menggantikan Eric Schmidt, mantan CEO Google, yang mengumumkan rencana untuk mundur sebagai Direktur pada Desember.

Amazon pertama kali mencapai US$ 100 miliar dalam penjualan tahunan pada tahun 2015. Apple meraihnya di 2011 dan sekarang dapat mencatatkan jumlah tersebut hanya dalam satu kuartal.

Tonggak sejarah ini merupakan bukti kekuatan bisnis penjualan iklan Google, yang terus berkembang pesat meski perusahaan menghadapi kontroversi mengenai iklan pemilihan di Rusia dan video yang menyinggung di YouTube.

Google dan Facebook menyerap lebih dari 60% belanja iklan digital di Amerika Serikat (AS) tahun lalu menurut firma riset eMarketer, dan angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah.

Alphabet membukukan penjualan hampir US$ 15 miliar untuk tahun ini dari pendapatan lain Google, yang mencakup layanan cloud dan produk perangkat keras, seperti ponsel Pixel dan speaker Google Home yang cerdas.

Alfabet tetap berada di belakang bisnis cloud Amazon dan bisnis perangkat keras Apple. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed