Follow detikFinance
Senin, 05 Feb 2018 19:18 WIB

RI Mau Impor 171.660 Ton Jagung

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kementerian Perdagangan telah menyetujui permintaan lima perusahaan untuk melakukan impor jagung. jagung yang diimpor adalah jenis jagung industri. Totalnya sebanyak 171.600 ton.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan izin kepada lima perusahaan untuk melakukan impor jagung industri sebanyak 171.660 ton. Namun ia enggan merinci perusahaan tersebut satu per satu.

"Jumlahnya 171.660 ton. Ada lima (perusahaan) cuma nggak boleh tahu," katanya saat dihubungi detikFinance, Senin (5/2/2018).

Lebih lanjut, untuk melakukan impor tersebut pemerintah menetapkan syarat si mana perusahaan harus pemilik Angka Pengenal Importir Produsen (API-P). Selain itu, komoditas yang diimpor tidak boleh diperjual-belikan.

"Dia harus API-P ya perusahaan nggak boleh API-U dan tidak holeh diperjual-belikan hanya untuk produksi sendiri," tuturnya.

Lantas, untuk asal jagung impor tersebut Oke juga tidak mengetahui. Sebab hal tersebut telah diserahkan sepenuhnya kepada sang perusahaan.

Namun ia memperkirakan impor tersebut akan berasal dari Asia Tenggara, seperti Thailand dan Vietnam.

"Terserah importirnya. Ada dari mana-mana. Saya nggak hafal, mungkin Thailand karena kebanyakan Thailand, misalnya juga Vietnam," tutupnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed