Follow detikFinance
Senin, 12 Feb 2018 15:55 WIB

6.000 Ton Beras Vietnam Masuk RI Lewat Pelabuhan di Cilegon

Muhammad Iqbal - detikFinance
Foto: Alfathir Yulianda Foto: Alfathir Yulianda
Cilegon - Kapal pengangkut beras impor asal Vietnam akan sandar di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten. Kapal yang membawa 6.000 ton beras itu diperkirakan akan sandar pada sore hari ini atau malam hari nanti.

Setelah sandar, beras impor akan langsung dibongkar untuk dipindahkan ke gudang milik Bulog.

"Yang datang ini 6.000 (ton). Kalau masalah supply belum tahu yang penting kita ditugaskan pemerintah bahwa beras ini harus masuk ke gudang Bulog," kata Kabid ADA Bulog Divre DKI dan Banten, Wawan Anwar Kurniawan, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (12/2/2018).


Setibanya di pelabuhan PT Indah Kiat nanti, proses bongkar muat dan penyimpanan akan mendapatkan pengawalan langsung dari Satgas Pangan Mabes Polri. Beras itu, lanjut Wawan, akan disimpan di gudang Bulog yang berada di wilayah Cikande, Serang.

"Masuk di gudang sana semua, langsung dapat pengawalan dari Mabes Polri, kita hanya ketitipan," tuturnya.

Pihak Bulog, kata Wawan, hanya diperintah untuk menyimpan beras tersebut, masalah penyaluran dan lain hal, pihaknya tidak mengetahui. Bulog hanya diminta untuk menyimpan beras impor tersebut.


"Nanti penyalurannya ke mana kita belum ada perintah dari Pak Presiden, yang penting amankan dulu beras ini. Langsung masuk ke gudang Bulog tidak ada disalurkan ke mana-mana karena ini beras titipan pemerintah," ujarnya.

Hingga saat ini, para pihak yang berwenang mengurusi kedatangan beras impor dari Vietnam itu tengah menyelesaikan proses administrasi agar kapal bisa sandar dan bongkar muat.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed