Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Feb 2018 11:05 WIB

Pasar Ikan Modern RI Bakal Dilengkapi Freezer Raksasa 1.000 Ton

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Direktur Utama Perum Ikan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda, Foto: Selfie Miftahul Jannah Direktur Utama Perum Ikan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda, Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta -
Pembangunan Pasar Ikan Muara baru akan mengadaptasi Pasar Ikan Modern Tsukiji di Jepang. Tidak hanya desain tapi juga fasilitas penyimpanan yang bisa membuat ikan tetap segar berupa cold storage atau kulkas raksasa.

Direktur Utama Perum Ikan Indonesia (Perindo) yang nantinya akan menjadi pihak pengelola Pasar Ikan Muara Baru Risyanto Suanda menjelaskan, nantinya Pasar Ikan Modern Muara Baru akan dilengkapi dengan sarana penyimpanan cold storage dengan kapasitas 1.000 ton.
Termasuk gudang untuk penyimpanan dan tempat pengepakan. Serta tersedianya tempat bergerak dan bongkar muat ikan yang harus dilakukan secara perlahan agar ikan tidak rusak mulai dari mulai bongkar kemudian dipajang di display.
"Itu untuk penyimpanannya ya untuk di situ untuk di pasar modern ini. Perum Perindo sendiri sudah punya cold storage berkapasitas 2.200 ton. Jadi akan sangat cukup lah. Kemudian di dalam sendiri akan ada infrastruktur pasar ikan standar seperti kios-kios kemudian ada display-nya kemudian kita akan lengkapi dengan sarana air bersih kemudian untuk moving-moving yang kemudian nanti akan ada movement ikan akan banyak sekali kan nanti akan banyak kan di sana," ujarnya, saat berbincang dengan detikFinace akhir pekan lalu.


Keberadaan kulkas raksasa di pasar ikan modern itu memegang peran penting terutama untuk menjaga ikan tetap segar. Masalahnya, bila hanya mengandalkan penyimpanan dengan es batu, usia konsumsi ikan akan lebih pendek dan membuat kesegarannya cepat hilang.

Idealnya, sebut dia, ikan harus dibekukan pada suhu minus 40 derajat Celsius dengan tingkat beku tinggi hingga ke tulang. Setelah beku, ikan harus disimpan pada suhu 20 derajat Celsius agar kandungan nutrisi pada daging ikan tidak rusak.

"Ada pendingin namanya airbrus freezer jadi minus 40 derajat jadi beku tuh sampai daging-dagingnya. Nah setelah itu disimpan itu di minus 20 kemudian disimpan selama 1-2 tahun itu nggak apa-apa asalkan pembekuannya sudah sesuai. Kan dibekukan 8-10 jam, jadi benar-benar dibekukan kemudian dipindahkan di cold storage simpan 1-2 tahun itu nggak apa. ketika dikeluarkan itu masih segar. Kemudian kita ambil dan unfreeze nanti seperti ikan yang baru di tangkap dalam jarak setahun, seperti baru ditangkap, itu kuncinya di cold storage. Seperti daging, ikan relatif mahalnya karena memang butuh cold storage," ujarnya


(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
World Now
World Now Selengkapnya