Follow detikFinance
Sabtu, 24 Feb 2018 11:23 WIB

Kata Menhub Soal Nasib Pondok Cabe Jadi Bandara Komersial

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Muhammad Idris Foto: Muhammad Idris
Pontianak - Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan rencananya akan menjadi bandara komersial, tapi hingga saat ini belum ada kejelasan. Landasan udara di Jakarta Selatan itu masih difungsikan untuk lepas landas pesawar charter dan latih.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan pertimbangan belum dipakainya Pondok Cabe lantaran bandara tersebut bakal mengurangi slot penerbangan di Halim Perdanakusuma. Hitung-hitungan kelayakannya, bandara tersebut masih kurang ekonomis.

"Kalau saya lihat ada dua hal, size (runway) itu tak memadai, kedua posisi Pondok Cabe segaris lurus dengan Halim. Kalau dia dioperasikan, dia akan kurangi size Halim. Jadi yang terjadi Halim tadinya 30, kalau di Pondok Cabe 10, nanti di Halim jadi 20. Jaraknya terbagi, ini membuat enggak ekonomi," kata Budi di sela-sela kunjungan kerjanya di Kalbar, Jumat (23/2/2018).

Dia menuturkan, akan ada slot penerbangan yang dikorbankan di Halim jika Pondok Cabe dipakai untuk penerbangan komersial. Sebelumnya, maskapai penerbangan Garuda Indonesia, sudah menyatakan minatnya terbang dari Pondok Cabe.


"Kalau kapal-kapal latih saja, kalau komersial kurang. Garuda, saya pikir dia rugi, dia enggak dapat tambahan slot, yang menguntungkan dari penggunaan landasan kan jumlah slot. Jumlah slot harus eliminasi jadi Halim ya enggak produktif," ujar Budi.

Mantan Dirut Angkasa Pura II ini mengungkapkan, kondisi runway di Pondok Cabe juga perlu diperpanjang lagi. Namun begitu, butuh tanah untuk tambahan landasan baru.

"Kalau diperbesar landasannya juga nanti lapangan golf kena. Saling meniadakan. Padahal tanahnya mahal di situ. Pondok Cabe saya ngomong teknis, dibangun apa tidaknya lihat nanti," pungkas Budi.

(idr/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed