Follow detikFinance
Sabtu, 24 Feb 2018 12:30 WIB

Akhir Pekan, Menhub Tinjau Proyek Padat Karya Cash di Curug

Fadhly F Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance
Tangerang - Menikmati akhir pekan dengan berlibur sepertinya tak berlaku untuk Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Di hari Sabtu ini, Budi Karya tetap bekerja meninjau sejumlah proyek.

Padahal, sehari sebelumnya Budi Karya baru melakukan kunjungan maraton ke sejumlah lokasi di Kalimantan. Dua provinsi disambanginya, yakni Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah untuk memastikan pembangunan konektivitas di pulau tersebut.

Kali ini, Budi Karya meninjau proyek padat karya cash di Bandara Budiarto, Curug, Tangerang. Padat karya ini dalam rangka pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur di sektor transportasi.

"Saya bahagia hari ini ada satu program, kepedulian tentang mengerjakan padat karya. Secara esensi ini harus dilakukan dengan hati, dan ketulusan, dengan keinginan untuk tahu, bahwasanya banyak sekali saudara-saudara kita yang tidak dapat kesempatan bekerja," kata Budi Karya di lokasi, Sabtu (24/2/2018).


Bandara Budiarto ini biasa digunakan sebagai Training Airport atau Pusat Pelatihan Penerbangan bagi Taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) dan sekolah penerbangan swasta lainnya.

Budi karya mengatakan dengan program padat karya ini dinilai bisa memberikan pekerjaan kepada masyarakat luas. Di sektor perhubungan saja, kata Budi Karya, bisa memberikan pekerjaan kepada puluhan ribu orang dalam waktu enam bulan.

"Dalam kerangka yang kita lakukan berupa pekerja-pekerja yang suporting kegiatan bandara. Ini sudah cujup baik dimana menyerap lebih dari 11.000 orang dalam enam bulan. Sedangkan di Kementerian Perhubungan 70.000 pekerja dalam durasi enam bulan," kata dia.


Kegiatan program padat karya ini merupakan gambaran kegiatan sama yang telah mulai dilakukan di 153 Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Budi Karya yang didampingi Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso meninjau secara langsung proyek padat karya di Bandara Budiarto.

Dengan dilaksanakannya program padat karya ini diharapkan dapat meningkatkan peran masyarakat sekitar, dan dapat memupuk rasa ikut memiliki dan ikut bertanggung jawab terhadap keselamatan, keamanan dan kenyamanan bandara.

"Kalau satu orang dapat di atas UMR, katakanlah Rp 120.000 per hari, paling tidak dalam bekerja seminggu dapat lebih dari Rp 1 juta, itu bisa cukup untuk makan. Bayangkan kita bermewah-mewah, tapi mereka untuk makan saja harus kerja keras," tuturnya.

Akhir Pekan, Menhub Tinjau Proyek Padat Karya Cash di CurugFoto: Fadhly F Rachman-detikFinance
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed