Follow detikFinance
Selasa, 13 Mar 2018 19:20 WIB

Agar Truk Pantura Masuk Tol, Pengusaha: Tarif Mesti Lebih Murah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Muhajir Arifin Foto: Muhajir Arifin
Jakarta - Sopir truk di Jalur Pantura enggan menggunakan jalan tol karena ada ongkos lebih yang harus dibayarkan. Pengusaha minta tarif tol diturunkan sehingga menarik minat dari truk untuk masuk tol.

"Kalau memang jalur Tol Jakarta-Surabaya untuk angkutan barang, maka biaya tol untuk harusnya lebih murah daripada mobil pribadi bukan sebaliknya. Sehingga, truk akan beralih ke tol dan mobil pribadi akan memakai jalur non-tol atau kereta api," kata Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia Zaldy Masita kepada detikFinance, Selasa (13/3/2018).

Dia mengatakan, pemerintah sebaiknya mendorong jaalan tol untuk dipakai angkutan barang, dengan cara menerapkan kebijakan tarif murah. Atau insentif lain yang bisa mendorong truk atau angkutan barang memilih jalan tol.


"Pemerintah tidak pernah menentukan jalur transportasi antara angkutan barang dan penumpang, akhirnya menjadi kacau seperti sekarang terjadi di Tol Cikampek dan JORR," sambungnya.



Menurutnya, pemerintah mesti menentukan sikap terkait jalur tersebut. Selain lebih teratur, kebijakan harga bisa menekan biaya logistik.



"Seperti negara di Jepang, Eropa di mana jalur tolnya diutamakan untuk truk sehingga biaya untuk truk lebih murah," tutup dia.

(zul/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed