Follow detikFinance
Minggu, 25 Mar 2018 10:39 WIB

Kementerian PUPR Kampanye Hari Air di CFD

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara sepeda santai, dimulai dari lingkungan Kementerian PUPR di Jalan Patimura Jakarta Selatan dan berakhir di Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat. Acara yang bertepatan dengan car free day (CFD) ini untuk memperingati Hari Air Dunia ke XXVI.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Imam Santoso mengatakan, acara tersebut sebagai kampanye untuk mengajak masyarakat melestarikan alam. Tujuannya, untuk menjaga sumber air.

"Kami libatkan komunitas sungai, pegiat alam, kemudian pemerintah, universitas, masyarakat setempat untuk bersama melestarikan alam untuk air ini," kata dia di Jalan Imam Bonjol Jakarta, Minggu (25/3/2018).
Imam mengatakan, Kementerian PUPR sebelumnya juga telah menggelar beberapa acara di beberapa titik. Di antaranya, 22 Maret lalu pihaknya mencanangkan Hari Air Dunia di Danau Sentani Papua. Adapun kegiatan di sana yakni pembersihan Danau Sentani.

"Saya tanggal 22 Maret ke Papua, Danau Sentani. Melestarikan sumber air Danau Sentani untuk alam, untuk air, bagaimana merawatnya, melestarikannya, mengajak penduduk setempat, komunitas setempat, melestarikan danau," jelas dia.

Peringatan Hari Air Dunia juga dirayakan di lingkungan Kementerian PUPR. Adapun acara yang digelar pekan ini salah satunya terkait peragaan pemanfaatan biopori.

Lanjutnya, acara puncak akan digelar di Danau Rawa Pening Jawa Tengah. Dia bilang, di sana komunitas pecinta lingkungan akan berkumpul dan melakukan pembersihan di danau tersebut.

"Tanggal 6-7 April kami puncaknya di Danau Rawa Pening meminta komunitas lingkungan sungai, pemerhati alam, berkumpul di Rawa Pening melestarikan danau tersebut," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed