Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Apr 2018 12:26 WIB

Jokowi Harap Industri 4.0 Bikin Ekonomi RI Masuk 10 Besar Dunia

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma (detikFinance) Foto: Hendra Kusuma (detikFinance)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki harapan pada roadmap revolusi industri 4.0 bisa menjadikan ekonomi Indonesia menjadi 10 terbesar di dunia pada 2030.

Peta jalan yang dikenal dengan Making Indonesia 4.0 ini menjadi babak baru merevitalisasi industri nasional sesuai dengan perkembangan zaman.

"Harapannya dengan mengimplementasi industri 4.0 Indonesia dapat mencapai top ten ekonomi global pada tahun 2030," kata Jokowi di JCC, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Indonesia yang menjadi 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia, dimulai dari peningkatan angka ekspor karena produktivitas sektor industri mengadopsi teknologi dan inovasi.


"Dan dalam aspirasi making Indonesia 4.0 juga tercantum aspirasi untukmu wujudkan pembukaan 10 juta lapangan kerja baru di tahun 2030," jelas dia.

Hal seperti itu, lanjut Jokowi, menjadi landasan pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang. Peta jalan industri 4.0 juga akan diprioritaskan di beberapa sektor industri, yaitu makanan dan minuman (mamin), tekstil, otomotif, elektronik, dan kimia.

"5 industri ini merupakan tulang punggung dan diharapkan membawa efek ungkit yang besar dan daya saing dan kontribusinya terhadap ekonomi Indonesia menuju 10 besar ekonomi dunia di 2030," tutur dia.


"Dan hari ini Making Indonesia 4.0 saya tetapkan sebagai salah satu agenda nasional bangsa Indonesia dan kementerian perindustrian akan menjadi leading sector untuk kini dan saya minta pada kementerian dan lembaga lainnya pemerintah daerah dan pelaku-pelaku usaha untuk mendukung penuh program ini sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing demi kesuksesan dan kemajuan bangsa yang kita cintai ini," tutup dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed