Follow detikFinance
Kamis, 12 Apr 2018 11:07 WIB

Indonesia-Polandia Pererat Hubungan Ekonomi dan Bisnis

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Hari ini berlangsung pertemuan bilateral antara Indonesia dan Polandia. Pertemuan ini dalam rangka Forum Konsultasi Bilateral (FKB), untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Dari Polandia diwakili oleh Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Marek Magerowski dan Wakil Menteri Energi Polandia Grzegorz Tobiszowski. Sementara dari Indonesia adalah Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani.

Pertemuan tersebut berlangsung di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (12/4/2018), dan turut dihadiri oleh sejumlah pengusaha Indonesia, diantaranya Chairul Tanjung, Sofjan Wanandi, James Riady.


Magerowski mengatakan kerja sama bilateral yang dibangun kedua negara terutama menyangkut ekonomi dan bisnis. Dia menyatakan kesiapan Polandia berdagang dan berinvestasi di Indonesia.

"Kami siap untuk berdagang dan berinvestasi lebih banyak di Indonesia. Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan Polandia akan segera menjadi negara terpadat kelima di Uni Eropa. Kerja sama diantara kami akan lebih kuat," ujarnya

Indonesia dan Uni Eropa (UE) kata dia pun sedang membahas mengenai Perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif atau Comprehensive Economis Partnership Agreement (CEPA).

"Kami berharap pembicaraan perdagangan yang sedang berlangsung antara lndonesia dan UE tentang perjanjian CEPA akan membawa terobosan dan membuka pintu bagi perdagangan bebas," lanjutnya.

Pihaknya juga sempat bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan dalam kunjungannya ke Indonesia.

"Saya senang bahwa pihak Indonesia melihat potensi dalam kerja sama maritim kami. Kami mendiskusikan kemungkinan kerjasama yang lebih erat antara galangan kapal kami, untuk memadati pasar dengan kapal dan feri yang kompetitif," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed