Follow detikFinance
Jumat, 13 Apr 2018 08:22 WIB

Utang Jatuh Tempo Pemerintah Tahun Ini Rp 400 Triliun

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim
Jakarta - Masyarakat Indonesia banyak yang khawatir mengenai posisi utang pemerintah karena nominalnya tidak lagi kecil. Per Februari 2018 angkanya mencapai Rp 4.034,8 triliun dan jumlahnya akan terus bertambah seiring Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) masih mengalami defisit.

Defisit APBN terjadi dikarenakan pendapatan pemerintah tidak cukup memenuhi kebutuhan belanja. Sehingga, ditambal dengan utang.

Besarnya kebutuhan belanja perintah salah satunya adalah untuk mengejar ketertinggalan sektor infrastruktur. Mulai dari jalan, jembatan, bendungan, dan lainnya.

Pemerintah juga terus mengimbau kepada masyarakat bahwa utang yang tembus Rp 4.034,8 triliun ini masih dalam level yang aman dan dikelola dengan baik. Bahkan jauh dari kata bangkrut.

Sebab, jika dilihat rasionya hanya mencapai 29,2% dari produk domestik bruto (PDB). Sedangkan batas maksimal yang ditetapkan oleh UU sebesar 60%.

Apakah kekhawatiran masyarakat tentang jumlah utang pemerintah ini bakal berujung pada memburuknya perekonomian nasional. Simak selengkapnya di sini:

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed