Follow detikFinance
Jumat, 13 Apr 2018 20:30 WIB

100 Km di Tol RI Ditempuh 2,7 Jam, Malaysia Hanya 1,2 Jam

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: dok detikcom Foto: dok detikcom
Jakarta - Waktu tempuh kendaraan di tol Indonesia lebih lama dibandingkan di negara tetangga, Malaysia. Menurut Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Arie Setiadi Moerwanto, di Indonesia untuk menempuh 100 kilometer (km) memakan waktu lebih dari 2 jam, sedangkan Malaysia sekitar 1 jam.

"Kalau kita lihat perbandingan dengan negara pesaing kita, Indonesia itu buat menempuh 100 km perlu 2,7 jam. Malaysia untuk menempuh jalan 100 km itu hanya butuh 1,2 jam," tutur Arie dalam acara diskusi di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (13/4/2018).


Arie menjelaskan lamanya waktu tempuh tersebut salah satunya karena truk-truk yang kelebihan muatan atau overloading. Truk itu, menurut Arie, setara dengan 3,5 sampai 7 satuan mobil penumpang. Kalau overload bisa sampai 15 satuan mobil penumpang, yang lewat satu tapi setara dengan sekian banyak.

Dia menambahkan, pemerintah menargetkan waktu tempuh di jalan hingga 2019 turun jadi sekitar 2 jam. Lantas, bagaimana caranya waktu tempuh di tol bisa turun?


"Ini yang akan kita terus turunkan sampai 2,2 jam pada 2019. Caranya dengan membangun banyak jalan tol. Angka 2,2 jam ini sudah cukup belum buat bersaing? Itu tantangan kita sebetulnya, Jadi kita harus bekerja lebih keras lagi mengenai hal ini," sambung Arie. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed