Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Apr 2018 19:40 WIB

Jurus Menteri PUPR Tangkal Berita Hoax

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: KemenPUPR Foto: KemenPUPR
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai pentingnya kegiatan berdiskusi. Menurutnya dengan berdiskusi dapat mengasah intelektual sehingga tidak mudah terpengaruh hoax.

"Kita akan adakan diskusi reguler. Seperti acara bedah buku ini sangat penting. Selain kontennya bagus, pembicaranya menurut saya adalah para cendekiawan nasional karena dapat menguraikan hal yang rumit dengan bahasa yang mudah dipahami atau dimengerti masyarakat," ujar Basuki dalam keterangan tertulis (17/4/2018).

Hal itu disampaikan Basuki saat memberikan sambutan pembukaan acara bedah buku yang menjadi program reguler Perpustakaan Kementerian PUPR, Senin (16/4/2018) kemarin. Buku yang diulas berjudul 'Bapakku Indonesia' di Auditorium Kementerian PUPR yang menghadirkan penulis dan penggiat literasi Nusantara, Maman Suherman.

Lebih lanjut dikatakan Basuki, generasi muda PUPR penting untuk pembentukan Kementerian PUPR dalam 20 tahun ke depan. Dengan berdiskusi generasi muda bisa memunculkan ide-ide baru dan melahirkan inovasi.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, Maman Suherman mengajak pembaca untuk menelusuri perjalanan masa kecilnya yang banyak berpindah tempat. Dengan berpindah tempat tinggal ia berkesempatan melihat Indonesia dalam keragaman suku, agama, bahasa dan budaya namun satu Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja dalam laporannya menyebutkan, dalam rangka mengembangkan minat baca bagi karyawan Kementerian PUPR, saat ini Perpustakaan Kementerian PUPR telah mengalami modernisasi. Saat ini juga sedang dikembangkan perpustakaan digital yang dapat diakses secara online.

Turut hadir narasumber lainnya yakni Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna. Acara bedah buku dihadiri oleh sekitar 200 orang termasuk Sekretaris Jenderal Anita Firmanti, Dirjen Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti, Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid, Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Baby Setiawati Dipokusumo, pegawai dan CPNS di lingkungan Kementerian PUPR

Dalam acara tersebut dilakukan pula peluncuran buku Potret Kinerja Keterbukaan Informasi Publik Kementerian PUPR sebagai wujud pelaksanaan UU Keterbukaan Informasi Publik. (mpr/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com