Follow detikFinance
Rabu, 16 Mei 2018 19:30 WIB

BI Siapkan Rp 7,9 Triliun untuk Penukaran Uang Lebaran di DIY

Usman Hadi - detikFinance
Foto: Usman Hadi/detikcom Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan uang pecahan sebanyak Rp 7,9 triliun. Uang tersebut dialokasikan BI DIY untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Kepala Perwakilan BI DIY, Budi Hanoto mengatakan, uang pecahan yang dialokasikan BI DIY tahun ini jumlahnya lebih besar dibanding tahun lalu. Hal itu untuk mengantisipasi tingginya permintaan uang pecahan jelang lembaran.


"Masyarakat dalam menggunakan uang kartal saat lebaran selalu meningkat. Apalagi tahun ini ditambah dengan liburan sekolah," kata Budi kepada wartawan di Ruang Rapat Besar Kantor Perwakilan BI DIY, Rabu (16/5/2018).

Budi melanjutkan, uang pecahan sebanyak Rp 7,9 triliun yang disediakan BI DIY terbagi menjadi dua kategori. Pertama, uang pecahan Rp 20 ribu ke bawah dengan jumlah Rp800 miliar. Kedua, uang pecahan di atas Rp 20 ribu.


Menurutnya, jumlah uang pecahan yang disediakan BI DIY sudah mencukupi kebutuhan masyarakat di Yogyakarta selama lebaran tahun ini. Sebab, jumlah uang pecahan yang dikeluarkan BI sudah melalui kalkulasi yang matang.

"Jadi memang kebutuhan estimasi untuk Ramadan dan lebaran ini sebanyak Rp 7,9 triliun. Kami yakin nilai ini akan cukup karena nilainya lebih tinggi Rp 2,4 triliun dari realisasi tahun sebelumnya," paparnya.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat resmi karena tak dipungut biaya. Namun, BI tetap mendorong transaksi non tunai, seperti e-money, kartu debit, atau kartu kredit," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed