Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 16 Mei 2018 22:50 WIB

Soal Pajak, Sri Mulyani: Yang Bayar Sedikit, Yang Menghindar Banyak

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah terus menggenjot penerimaan pajak. Cuma masalahnya, kata Sri Mulyani, yang bayar pajak sedikit, dan yang menghindar banyak.

"Mengumpulkan pajak itu memang ada tujuannya namun persoalan pajak kita yang membayar terlalu sedikit dan yang menghindari pajak terlalu banyak," katanya dalam kuliah umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Rabu (16/5/2018).


Menurut catatan pemerintah, wajib pajak terdaftar ada alias memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) 38,7 juta . Dari jumlah itu, wajib pajak yang harus mengisi SPT sebanyak 17,7 juta.

Cuma hingga batas akhir di Maret tahun ini, Ditjen Pajak hanya menerima 10,6 juta laporan SPT 2017.

"Penduduk Indonesia 257 juta. Dari sebanyak itu yang teregistrasi bayar pajak hanya 38,7 juta itu April 2018. Dari 38,7 juta yang benar-benar kasih SPT itu 17,7 juta tapi itu ada yang SPT nihil nggak bayar pajak dan yang bayar hanya 10,6 juta," kata Sri Mulyani.


Sri Mulyani menegaskan penerimaan pajak penting bagi negara, dan sangat sulit jika hanya ditanggung 10,6 juta wajib pajak yang patuh.

"Jadi kalau 250 juta orang (kebutuhan) ditanggung 10,6 juta orang ya berat ya," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed