Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 03 Jun 2018 15:43 WIB

Harga Daging di Sulsel Stabil Rp 95 Ribu/Kg

Ibnu Munsir - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Makassar - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar memastikan kebutuhan, pasokan dan harga daging sapi hingga akhir ramadan tercukupi. Hal ini dapat dipastikan setelah KPPU Makassar mengelar sidak dan melihat stok daging sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Makassar, Jalan Antang Raya, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Minggu (3/6/2018). subuh.

"Kami lakukan pengecekan dan melihat pasokan, suplai dan harga apakah ada kendala, apakah ada kekurangan pasokan ramadan hingga akhir jelang lebaran," kata Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Makassar, Aru Armando, di RPH Makassar.


Aru memastikan, 10 daerah di Sulsel yang dilakukan inspeksi mendadak, memiliki harga dan pasokan stabil selama ramadan dan mencukupi kebutuhan warga hingga lebaran.

"Stabil ya, berkisar Rp 95 ribu per-Kg-nya kalau di RPH kalau di pasaran mungkin Rp 100 ribu," jelasnya.

KPPU Makassar memastikan harga daging lokal di pasaran hingga saat ini masih stabil dan relatif normal, namun ia tak bisa menampik jika puncak lebaran berkisar H-2 harga daging akan mengalami kenaikan.

"Kalau ramadan ini tidak ada kenaikan, akan ada kenaikan menjelang akhir ramadhan, karena puncak pemotongan sapi. Informasi dari data tahun lalu berkisar Rp 110 ribu hingga Rp 115 ribu di konsumen,"terangnya.


Ditanya mengenai permainan harga dari pengusaha di RPH Makassar dan pedagang daging di pasar, KPPU Makassar mengatakan sangat sulit, lantaran di RPH Makassar terdapat cukup banyak pelaku usaha.

"Kita liat pelaku usaha 24 di RPH di pelaku usaha dan susah melakukan kartel apalagi spekulasi," tutupnya.

Untuk per harinya, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Makassar menyembelih 70 hingga 80 ekor sapi, dengan daging mencapai 6 ton dan diyakini mencukupi kebutuhan pasaran.
Sementara di akhir ramadan, jelang ramadan, RPH Makassar akan menyembelih daging sapi berkisar 300-500 ekor. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed