Follow detikFinance
Senin, 25 Jun 2018 12:55 WIB

Lowongan CPNS 2018 Belum Dibuka, Jangan Terkecoh Informasi Hoax

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dok. KemenpanRB Foto: Dok. KemenpanRB
Jakarta - Pemerintah menegaskan belum membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Saat ini, pemerintah masih menghitung jumlah formasi yang akan dibuka.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB (Kemenpan-RB) Herman Suryatman mengatakan Kemenpan-RB telah menerima usulan formasi dari setiap instansi. Saat ini usulan tersebut sedang dikaji.


"Jadi usulan formasi dari instansi baik pusat maupun daerah sudah masuk di kami, saat ini masih dalam tahap validasi. mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan ditetapkan oleh Pak Menpan-RB," kata Herman kepada detikFinance, Jakarta, Senin (25/6/2018).

"Setelah ditetapkan oleh Pak Menpan, lalu nanti diumumkan, termasuk jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS-nya. Jadi sekarang baru tahap validasi data berdasarkan dari usulan-usulan instansi melalui e-formasi," sambungnya.


Dalam proses validasi Kementerian PAN-RB akan melakukan sejumlah pengecekan usulan formasi yang akan diberikan untuk setiap instansi.

Herman menambahkan pembukaan lowongan CPNS akan diumumkan setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018, namun ia belum bisa merinci kapan pembukaan lowongan CPNS.


"Misalnya belanja publik lebih dari 50%. Kemudian harus betul-betul sesuai core bisnis masing-masing daerah, betul-betul harus sesuai dengan hasil analisis jabatan, analisis beban kerja. Jadi pertimbangannya itu," kata dia.

"Oleh karena itu, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan ditetapkan oleh Pak Menpan, setelah ditetapkan baru diumumkan," tutupnya. (fdl/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed