Follow detikFinance
Senin, 25 Jun 2018 20:26 WIB

Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp 179,2 Triliun hingga Mei 2018

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Keuangan menyebutkan hingga Mei 2018 pengelolaan utang pemerintah terus membaik. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan hingga akhir Mei 2018 pemerintah sudah menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) Rp 179,26 triliun atau 43,25% dari yang ditargetkan. Angka ini minus 14,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, melalui penarikan pinjaman luar negeri pemerintah berhasil menutup defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar Rp 19,42 triliun atau 37,82% dari target.

"Penerbitan surat utang turun drastis, bahkan tahun ini negatifnya hampir mendekati 15%," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (25/6/2018).


Tonton video 'Prabowo: Celaka! Total Utang Kita Nyaris Rp 9.000 Triliun'.

[Gambas:Video 20detik]


Dia menjelaskan pengaruh depresiasi rupiah terhadap dolar AS serta kenaikan bunga The Federal Reserve pada April dan Mei 2018 cukup mempengaruhi lelang SBN. "Lelang SBN di akhir April dan awal Mei tidak memenuhi target karena investor cenderung wait and see terhadap perkembangan pasar," imbuh dia.

Sri Mulyani menambahkan, permintaan investor akan imbal hasil melebihi kewajaran di pasar sekunder juga mempengaruhi keputusan untuk tidak mengambil penawaran dalam lelang di awal Mei. Namun hal tersebut terjadi hanya sementara karena pada akhir Mei 2018, lelang SBN telah kembali norma

SBN adalah salah satu instrumen pemerintah dalam menutup defisit APBN serta untuk menunjang pembangunan infrastruktur Indonesia khususnya melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Strategi pembiayaan melalui utang dilakukan secara hati-hati dengan memperhitungkan biaya, risiko dan kapasitasnya. Serta memperhatikan prinsip-prinsip pruden, efisiensi biaya, produktivitas dan keseimbangan. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed