Bisnis Anak Jokowi dan 'Promosi' via Aksi #2019gantipresiden

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Kamis, 19 Jul 2018 07:59 WIB
Bisnis Anak Jokowi dan Promosi via Aksi #2019gantipresiden
Gibran Rakabuming Raka. Foto: Angga Aliya/detikFinance

Putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming berbagi tips sukses menjalankan bisnis. Gibran saat ini memiliki sejumlah bisnis yang tengah ia rintis, ada juga yang dilakukan bersama sang adik, Kaesang Pangarep.

Gibran menuturkan, untuk tidak malu memulai usaha meskipun kecil. Lebih baik memiliki usaha sendiri dibandingkan menjadi karyawan.

"Yang penting jangan malu untuk memulai dari sesuatu yang kecil. Jadi kalau saya prinsipnya daripada ikut orang lain jadi PNS lebih baik buka warung kecil bisa jadi," kata Gibran di markas detikcom, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018).

Mengenai modal, ia juga mengatakan tidak perlu khawatir karena banyak alternatif pendanaan. Kebutuhan modal bisa didapatkan dari bank hingga menjalin kerja sama dengan teman.

"Kalau modal kan bisa didapatkan berbagai cara, misalnya pinjam. Pinjam dari bank, atau kali dari bank ditolak bisa pinjam dari koperasi atau kalau sekiranya dua cara ini terlalu riskan karena ada bunganya kita bisa cari partner," tutur Gibran.