Follow detikFinance
Kamis, 19 Jul 2018 17:22 WIB

Operasi Pasar Berlanjut hingga Harga Telur Turun ke Rp 25.000/Kg

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengintervensi harga telur ayam dengan menggelar operasi pasar telur ayam murah dengan harga Rp 19.500 per kilogram (kg).

Rencananya, kegiatan ini akan terus dilakukan hingga harga telur ayam turun di level Rp 25.000/kg.


"Kita harap berkisar Rp 25.000 hingga Rp 26.000 per kg baru kita setop operasi pasar. Kalau dilanjutkan ini memukul balik peternak kecil. Besok lanjut, mudah-mudahan ini habis," ungkapnya di Toko Tani Indonesia Center, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Selain di Jabodetabek, operasi pasar telur ayam juga bergulir di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Amran sudah menyurati Pemda di tiga provinsi itu untuk memfasilitasi pasar telur murah.


"Operasi pasar ini bukan hanya di Jakarta saja, ada Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan di kota-kota besar kita sudah edarkan surat untuk gerakkan itu," terangnya.

Sementara itu, Amran tidak merinci berapa banyak telur yang digelontorkan di wilayah lain untuk operasi pasar telur murah tersebut. Namun pihaknya tetap bekerjasama dengan peternak ayam langsung agar bisa memasok dengan harga Rp 19.500 per kg.


"Kita memasok dengan peternak langsung seperti Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN), CPI, JAPFA, Pinsar dan Malindo," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed