Deretan Produk Lokal yang di-Endorse Jokowi, Apa Saja?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 03 Agu 2018 07:21 WIB
Deretan Produk Lokal yang di-Endorse Jokowi, Apa Saja?
Foto: Ray Jordan/detikcom

Gaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat touring ke Sukabumi pada Minggu (8/4/2018) kembali jadi sorotan. Dia terlihat mengenakan jaket denim dengan detail unik di bagian depan dan belakangnya.

Jaket berdesain ragam budaya Indonesia yang dikenakan Jokowi tersebut merupakan karya industri kreatif Tanah Air Never Too Lavish. Jokowi pun diketahui memesan jaket denim tersebut dari acara Jakarta Sneakers Day.

"Waktu itu Pak Jokowi datang dan beliau tertarik ke booth kita, dan dia pesan jaket. Beliau senang ada seniman lokal yang bisa sampai tahap sekarang artinya bisa bersaing di kancah internasional," kata Haudy, founder Never Too Lavish, Senin (9/4/2018)

Pada bagian depan jaket denim yang dikenakan Jokowi dihiasi peta Indonesia dengan warna dasar bendera merah putih. Sementara bagian belakang bertuliskan Indonesia yang setiap hurufnya memiliki gambar berbagai kebudayaan Indonesia. Haudy pun mengungkapkan bahwa karyanya itu murni lukisan tangan.

"Desain dan jaket dari kami. Jadi waktu itu pak presiden minta kita kasih usulan gambar, ada beberapa yang kita gambar mockup-nya dan beliau memilih yang dipakai saat ini," jelas Haudy.

Pengerjaan lukisan di jaket denim tersebut sebenarnya perlu waktu empat hingga lima minggu. Namun, karena customernya adalah orang nomor satu di Indonesia, pihak Never Too Lavish berusaha membuatnya dengan waktu sepuluh hari.

Untuk harga jaket denim yang dikenakan Jokowi tersebut senilai Rp 4 juta.

"Karena saya pikir ini spesial order jadi kita bikin di sepuluh hari untuk mengerjakannya ada beberapa seniman di bawah Never Too Lavish. Artistnya itu adalah Bernhard Suryaningrat dia yang seniornya," tutur Haudy.

Haudy juga mengungkapkan bahwa sebelumnya ia tak mengetahui jika Jokowi akan mengenakan jaket tersebut untuk touring. Dia mengaku sangat senang jaket dari brandnya dikenakan Jokowi dan menjadi viral di media sosial.

"Waktu itu Pak Jokowi bilang ini mau dipakai, tapi tidak disebutkan untuk apanya. Makanya kita surprise betul dan happy banget karena istilahnya dipakai sama orang nomor satu di Indonesia, saya rasa itu ultimate goal dari setiap seniman-seniman yang ada di Indonesia untuk karyanya itu dipakai oleh presiden," imbuhnya.