Follow detikFinance
Minggu, 14 Okt 2018 15:14 WIB

Saat Jack Ma Bantu Tingkatkan Kinerja Ekspor RI

Hendra Kusuma - detikFinance
1 Jack Ma dengan Pemerintah Bahas Hal Ini
Halaman 2 dari 4
Foto: Dok. Icom Foto: Dok. Icom

Salah satu orang kaya di dunia ini bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Kominfo Rudiantara, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

Menteri Kominfo Rudiantara menjelaskan pertemuan yang dilakukan hari ini adalah lanjutan dari pertemuan di Jakarta bulan lalu. Dia menjelaskan dalam rapat ini dibahas keikutsertaan Indonesia dalam event double 11 pada November 2018 mendatang.

"Kami dengar bahwa Indonesia mendapat dukungan penuh dari pak Jack Ma dan Alibaba. Jadi Indonesia akan menyediakan produk agar bisa dipajang di e-Commerce asal China itu," kata Rudiantara di Laguna Hotel, Nusa Dua, Sabtu (13/10/2018).

Dia menyampaikan selain membahas keikutsertaan, rapat juga membicarakan terkait pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), mulai dari perencanaan pemerintah yang akan didukung oleh Alibaba. Kemudian juga didiskusikan bahwa Indonesia membutuhkan dukungan dari sektor digital yakni untuk menghadapi tantangan teknologi di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, Jack Ma menyampaikan jika acara double 11 membuat usaha-usaha bisa tumbuh lebih baik. Di China, banyak usaha kecil yang usahanya berkembang karena ikut serta dalam acara 11.11 ini.

Tema kedua yang dibicarakan adalah terkait SDM, dia menyebutkan Indonesia saat ini sedang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Selanjutnya adalah membicarakan bisnis di Indonesia harus beralih ke digital.

(hek/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed